Sukses

Terduga Penyuap Bupati Mandailing Natal Digiring ke KPK

2 terduga kasus penyuapan Bupati Mandailing Natal, Sumatera Utara tiba di gedung KPK Rabu malam.

Dua terduga kasus penyuapan Bupati Mandailing Natal, Sumatera Utara tiba di gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang terletak di Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta, Rabu (15/5/2013) malam.

Berdasarkan pantauan Liputan6.com, mereka digiring dengan pengawalan ketat dari petugas KPK. Kedua terduga yaitu, Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Mandailing Natal, Khairil Anwar dan seorang kontraktor, Baru Surung langsung memasuki lobi gedung KPK.

Tak ada komentar dari keduanya yang dibawa ke KPK setelah diperiksa selama 24 jam di Kejati Sumatera Utara. Sambil menundukan kepala, keduanya pun bakal langsung menghadapi pemeriksaan lanjutan.

Hingga berita ini diturunkan, belum ada keterangan resmi dari pihak KPK terkait status kedua oknum tersebut saat ini.

Sebelumnya KPK  menangkap Bupati Mandailing Natal Hidayat Batubara. Penangkapan ini dilakukan karena politisi Partai Demokrat itu diduga terlibat kasus suap. "Bupati HB baru saja ditangkap di sebuah tempat di Medan," kata Juru Bicara KPK Johan Budi SP.

Selain Bupati Hidayat Batubara, KPK sebelumnya juga sudah menangkap 2 orang lainnya. "Saat ini mereka masih diperiksa di Medan," jelas Johan.

Johan menjelaskan, kasus suap ini diduga terkait dengan Bantuan Dana Bawahan untuk daerah Mandailing Natal. "Kasusnya, kontraktor dijanjikan mendapat proyek dari BDB itu," jelas Johan. (Yog/Ein*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.