Sukses

Warga Kali Angke ke Rusun Cinta Kasih

Penduduk yang selama ini tinggal di bantaran Kali Angke pindah ke Rusun Cinta Kasih di Tangerang, Banten. Setiap warga dikenai uang sewa Rp 90 ribu per bulan. Mereka juga berhak atas layanan kesehatan dan pendidikan.

Liputan6.com, Tangerang: Tak selamanya bencana selalu berakhir dengan nestapa tak berkesudahan. Tengok saja. Sebanyak 500 kepala keluarga bekas penghuni bantaran Sungai Angke--yang setiap tahun menjadi korban banjir--kini sudah menempati rumah sejahtera di Rumah Susun Cinta Kasih di kawasan Cengkareng, Tangerang, Banten, baru-baru ini. Di kompleks rusun 55 blok tersebut warga juga memperoleh layanan kesehatan dan pendidikan memadai.

Di Rusun Cinta Kasih yang dibangun Yayasan Budha Suci Indonesia ini juga didirikan sekolah mulai dari sekolah dasar sampai sekolah lanjutan tingkat pertama. Setiap sepekan sekali, warga di rusun pun mendapat pelayanan pengobatan gratis di klinik, yang khusus dibangun di atas lahan seluas 1.500 meter persegi. Rusun yang didirikan di atas tanah seluas lima hektare ini juga dilengkapi berbagai fasilitas umum dan sosial lainnya. Untuk semua fasilitas dan kemudahan tersebut, warga dikenai uang sewa Rp 90 ribu per bulan. &quotEnakan di sini, kita bisa punya rumah bagus. Angsurannya pun murah,&quot kata Rokaeti, bekas warga di bantaran Kali Angke.

Memang, selama ini kawasan yang dialiri Kali Angke dikenal sebagai langganan banjir. Beberapa waktu silam, luapan Kali Angke malah merendam hampir sebagian besar wilayah di Pamulang Ciputat, Kabupaten Tangerang, Banten [baca: Air Menggenangi Kawasan Ciputat]. Buntutnya, ratusan warga terpaksa mengungsi.(ICH/Tim Liputan 6 SCTV)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.