Sukses

998 Bangunan di Sisi Barat Waduk Pluit Sudah Dibongkar

Warga yang bangunannya tergusur itu sudah lebih dulu keluar dari rumahnya dan menuju ke rusun yang disiapkan.

Pembongkaran rumah warga yang terdapat di bantaran Waduk Pluit sudah dilakukan sejak Februari 2013. Adapun bangunan rumah warga yang sudah dibongkar itu mulai dari sisi selatan. Tepatnya di area belakang parkir Laguna Apartment berlanjut ke area yang disebut Taman Burung hingga Garuda yang terdapat di sisi barat waduk. Sebanyak 998 bangunan milik 900 Kepala Keluarga kini sudah rata dengan tanah.

"Parkir mobil yang di Laguna juga kena. Pembongkaran kami lakukan teratur. Mulai dari selatan hingga nanti berakhir di timur sisi waduk. Jadi tidak mungkin kita lompat dalam pembongkaran," jelas Koordinator Tim Penanggulangan Pasca Banjir Waduk Pluit, Heryanto, saat dihubungi Liputan6.com di Jakarta, Rabu (15/5/2013).

"Saat ini bagian yang rata dengan tanah kita buat jalan. Ini untuk hindari berdirinya lagi bangunan liar."

Sementara Walikota Jakarta Utara Bambang Sugiyono menerangkan, warga yang bangunannya tergusur itu sudah lebih dulu keluar dari rumahnya dan menuju ke rusun yang disiapkan. Warga juga diajak untuk melihat rusun yang mereka huni.

"Bangunannya sudah kosong dulu. Warga kita ajak lihat Rusun Budha Suci Cengkareng dengan bus. Dan warga ada yang ambil inisiatif untuk pulang kampung," terang Heryanto.

Adapun bagian sisi utara waduk, tepatnya di Kebun Tebu, Penjaringan, atau di sekitar belakang Pos Polisi Pluit Timur belum juga dibongkar. Warga bersikeras ingin berdialog langsung dengan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo.

Bangunan-bangunan yang terdapat di bantaran waduk memakan 20 hektar lahan waduk. Total lahan waduk itu sekitar 80 hektar. (Ism/*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini