Sukses

30 Prajurit Kolinlamil Ikuti Pelatihan Kesehatan

Guna meningkatkan profesionalisme prajurit pengawak kesehatan, Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) melalui Dinas Kesehatan Kolinlamil mengadakan Latihan Kesehatan (Latkes) tingkat 1, selama dua hari (15-16/05)

Citizen6, Jakarta: Guna meningkatkan profesionalisme prajurit pengawak kesehatan, Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) melalui Dinas Kesehatan Kolinlamil mengadakan Latihan Kesehatan (Latkes) tingkat 1, selama dua hari (15-16/05). Latihan ini sebagai awal dari Latihan Kesehatan Terpadu yang merupakan puncak dari Latihan Kesehatan di lingkungan TNI Angkatan Laut.

Kegiatan Latkes tingkat 1 tahun 2013 di Kolinlamil ini, dibuka langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan Kolinlamil Letkol Laut (K) drg. Zaenal Efendi, Sp.BM, hari Rabu (15/05) di Ruang Perawatan Diskes Kolinlamil, Jl. Teratai Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Menurut Kadiskes Kolinlamil, Latkes Tingkat 1 ini merupakan review dari ilmu yang pernah diterima oleh seluruh anggota Diskes Kolinlamil, selama mengikuti pendidikan maupun kursus yang pernah diterimanya. Melalui pelatihan ini,  lanjut Kadiskes, diharapkan akan terbangun kembali ilmu pengetahuan kesehatan ditambah dengan adanya perkembangan sesuai dengan dinamika saat ini.

Kadiskes Kolinlamil juga menegaskan bahwa tujuan Latihan kesehatan Tingkat 1 ini guna meningkatkan pengetahuan dan kemampuan serta keterampilan anggota Diskes sebagai pengerahan fungsi pelayanan dan perawatan kesehatan, dalam rangka mengatasi berbagai kesulitan penugasan baik di KRI maupun di Pendirat.

Selain itu, sasaran dari Latkes ini diharapkan seluruh peserta latihan mampu menguasai materi latihan secara perorangan terhadap tugas dan tanggung jawab pengawak fasilitas kesehatan sesuai prosedur yang berlaku.

Latkes tingkat 1 ini diikuti oleh 30 peserta dengan instruktur yang terdiri dari dua dokter umum, satu dokter gigi, serta beberapa tenaga kesehatan. Adapun  materi yang diajarkan diantaranya; Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K), Teknik Resusitasi Jantung, serta Pengetahuan Evakuasi Medis, yang dilanjutkan dengan praktek lapangan. (Kadispen Kolinlamil/kw)

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atau opini anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke citizen6@liputan6.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.