Sukses

Korlantas Polri: Bahan Baku SIM Habis Bulan Juli

Bahan baku pembuatan BPKB dan STNK saat ini mengalami kelangkaan. Bahkan, Korlantas Polri menyatakan, kelangkaan juga terjadi pada material pembuatan SIM.

Bahan baku pembuatan BPKB dan STNK saat ini mengalami kelangkaan. Bahkan, Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri menyatakan, kelangkaan juga terjadi pada material pembuatan SIM.

Kepala Bidang Registrasi dan Identifikasi Korlantas Polri Kombes Pol Sam Budi Gustian mengatakan, bahan baku pembuatan SIM diprediksi akan habis pada bulan Juli. "Nanti diprediksi SIM yang akan habis untuk bulan Juli," kata dia di Mabes Polri, Jakarta, Selasa (14/5/2013).

Untuk mengatasi kelangkaan material BPKB dan STNK, Korlantas Polri berupaya membuat STNK dan BPKB sementara. Namun, kepolisian memberikan nomor seri dalam surat sementara tersebut yang menjadi nomor urut untuk mengurus STNK dan BPKB definitif bila material sudah tersedia.

"Mekanismenya mereka menukar surat sementara itu dengan yang permanen dan tidak ada biaya tambahan. Kita akan umumkan bila material sudah lengkap dan masyarakat akan diberi pelayanan sesuai urutan karena masing-masing kapasitasnya terbatas," jelas Budi.

Selain itu, lanjut Budi, upaya untuk mengisi kekosongan material STNK dan BPKB di beberapa wilayah, kepolisian juga melakukan pengalihan stok dari wilayah yang masih memiliki stok material ke wilayah yang membutuhkannya.

"Kita melakukan cek stok, jadi ada beberapa Polda yang material masih ada kita geser ke Polda lain yang membutuhkan. Itu sudah kita lakukan tapi masih saja secara total belum mencukupi," tandas Budi. (Mut/*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.