by Hanz Jimenez Salim

Aiptu Labora Diduga Punya Rekening Rp 900 M, Polri: Siapa Itu?

  • Peristiwa
  • 0
  • 14 Mei 2013 16:54
Polri masih mencari tahu sosok Aiptu Labora Sitorus yang diduga memiliki transaksi mencurigakan sebesar Rp 900 miliar dalam rekeningnya. Selain belum mengetahui data lengkap anggotanya itu, Polri juga belum tahu kasus apa yang menjerat anggota Polres Sorong, Papua itu.

"Siapa itu? Saya belum tahu. Kami masih mencari tahu dulu," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri Brigjen Pol Boy Rafli Amar di Jakarta, Selasa (14/5/2013).

Menurut Boy, kasus itu kini diusut oleh Polda Papua. Polri belum menangani kasus Aiptu Labora ini.

"Itu Polda Papua yang mengusut. Polda punya otoritas terhadap anggotanya sendiri. Kami tunggu. Apabila ada hasil dan terbukti, itu full dilakukan oleh Polda," tambah Boy.

Penemuan rekening gendut milik Aiptu Labora itu bermula saat polisi menelusuri kasus penyelundupan kayu dan bahan bakar minyak (BBM). Dalam kasus itu, polisi menemukan rekening atas nama Aiptu Labora Sitorus yang diduga digunakan untuk menampung pembayaran barang-barang yang diselundupkan itu.

Jumlahnya sungguh mencengangkan, mencapai ratusan miliar rupiah. Dalam kasus penyelundupan kayu dan BBM itu, status Aiptu Labora masih saksi. Sementara polisi masih menyelidiki kepemilikan rekening gendut milik Aiptu Labora.

Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) juga melacak transaksi mencurigakan yang dilakukan Aiptu Labora ini. Menurut PPATK, Aiptu Labora juga menjadi pengusaha karaoke. PPATK telah melaporkan transaksi mencurigakan ini ke Polri dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). (Eks/*) (Eks)
Comments
Sign in to post a comment