Sukses

Ketua KY: Geram, Gaji Hakim Tinggi Tapi Masih Terima Suap

Banyaknya hakim nakal yang mencoreng lembaga peradilan membuat Ketua Komisi Yudisial (KY) Eman Suparman geram.

Banyaknya hakim nakal yang mencoreng lembaga peradilan, membuat Ketua Komisi Yudisial (KY) Eman Suparman geram. Dia pun mengaku heran kepada para hakim yang kerap menerima suap lantaran pihaknya telah mengupayakan hakim untuk mendapat gaji tinggi.

"Geram saya kepada hakim. Kenapa mereka tidak mau diajak baik. Padahal program KY sudah habis-habisan. Tapi hakim masih saja seperti itu (terima suap)," ketus Ketua KY Eman Suparman di kantornya, Jakarta Pusat, Selasa (14/5/2013).

Eman menambahkan, KY menjadi salah satu pihak yang memperjuangkan kesejahteraan para hakim di Indonesia. Karenanya, KY juga berandil dengan kenaikan gaji hakim yang sangat signifikan. Namun dengan gaji dan tunjangan yang sudah memadai tidak juga mengurangi praktik kotor para hakim.

"KY kan sudah perjuangkan gaji hakim. Mereka sekarang gajinya sudah tinggi. Tapi kenapa masih saja ada yang menerima uang (suap) Rp 150 juta," sesal Eman.

Dia pesimistis dengan dunia peradilan di Indonesia ke depannya jika hakim sebagai pemegang kunci keadilan masih kerap bertindak nakal. "Kapan negeri ini akan baik kalau hakimnya masih saja seperti itu," tandas Eman. (Ali/*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini