Sukses

Longsor Freeport, 5 Korban Dievakuasi, 30 Masih Terperangkap

Tim penyelamat harus berhati-hati agar tidak terjadi longsor dalam evakuasi.

Sebanyak 5 pekerja PT Freeport Indonesia yang tertimbun longsoran di area tambang Tembagapura, Papua, berhasil dievakuasi. Sementara sekitar 30 lainnya masih terperangkap di terowongan bawah tanah Big Gossan, Tembagapura itu.

"Ada 5 yang sudah dievakuasi," kata Kapolda Papua Irjen Pol Tito Karnavian di Jayapura, Papua, Selasa (14/5/2013).

Namun, Tito mengaku belum tahu apakan 5 korban yang berhasil dievakuasi itu dalam kondisi selamat atau sudah meninggal dunia. Untuk saat ini, proses evakuasi masih terus dilakukan. "Baru itu data yang kami peroleh dari lapangan," tutur Tito.

Saat ini, tambah Tito, langkah paling utama adalah proses evakuasi para korban. Sementara, untuk penyelidikan penyebab longsoran, untuk mengetahui apakah longsoran itu disengaja atau tidak, akan diselidiki belakangan.

Kepala Bidang Humas Polda Papua Kombes Pol Gede Sumertajaya mengatakan saat ini proses evakuasi masih berlangsung. Evakuasi harus dilakukan secara hati-hati karena masih ada korban yang terperangkap di dalam terowongan.

"Kami takut ada longsor lagi, karena yang di dalam belum diketahui kondisinya," kata Sumerta. (Eks/*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.