Sukses

20 Wanita Penerima Duit Fathanah, dari Pengusaha Hingga Artis

Fathanah telah mengalirkan uang ke lebih dari 20 wanita selama 10 tahun, sejak 2003 hingga 2013.

Lebih dari 20 wanita telah menerima aliran dana dari tersangka pencucian uang suap kuota impor daging sapi Ahmad Fathanah. Para wanita tersebut memiliki latar belakang profesi yang berbeda-beda.

"Variatif, ada pengusaha, artis," kata Kepala Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) Muhammad Yusuf di Jakarta, Selasa (14/5/2013).

"Kami tidak diperkenankan menyebutkan nama, rekening, dan sebagainya. Itu ada di undang-undang," tambah Yusuf. Aliran dana dari Fathanah ke para wanita itu sudah berlangsung sejak 2003.

Bagi PPATK, tidak penting apa latar belakang para wanita penerima aliran dana Fathanah itu. Yang jauh lebih penting adalah motivasi pengiriman dana tersebut. Dan kini motivasi itu tengah didalami oleh PPATK.

Menurut Yusuf, pemberian dana itu bisa saja terkait masalah utang budi antara Fathanah dengan para wanita itu. Namun, PPATK tidak menemukan aliran dana tersebut terkait utang budi dari Fathanah.

"Yang kami temukan bukan ke arah situ. Kalau bisnis juga tidak ada underline-nya, tidak ada hubungannya. Kalau keluarga juga tidak," ujar Yusuf. (Eks/*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.