Sukses

[VIDEO] Pengabdian dr Soedanto di Papua, Rp 1.000 per Pasien

Ada seorang dokter yang telah mengabdi selama 40 tahun di Papua dengan tarif teramat murah: Rp 1.000 untuk setiap pasien.

Ada seorang dokter yang telah mengabdi selama 40 tahun di Jayapura, Papua dengan tarif teramat murah: Rp 1.000 untuk setiap pasien. Dokter bernama FX Soedanto itu akhirnya dijuluki Dokter Seribu.

Untuk mencapai Kecamatan Abepura butuh perjalanan darat selamat 30 menit, dari ibukota Provinsi Papua, Jayapura. Daerah ini juga dikenal sebagai tempat praktik Dokter Seribu -- dokter Soedanto yang memungut biaya maksimal Rp 1.000 dari warga asli Papua atau maksimal Rp 2.000 bagi pasien selain orang Papua.

Dalam tayangan Liputan 6 Siang SCTV, Selasa (14/5/2013), Soedanto lulus Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada tahun 1975. Selanjutnya, ia memilih bertugas di kawasan Asmat. Untuk ditempatkan di wilayah paling timur Indonesia itu, sang dokter tidak memberi uang sogokan.

Tahun 1982, Soedanto buka praktik dokter. Tersentuh dengan biaya tinggi yang dihadapi warga setempat, Soedanto memutuskan menerima biaya pengobatan seadanya.

Hanya libur pada hari Minggu, Soedanto memeriksa rata-rata 200 pasien setiap hari. Selain praktik pengobatan, Soedanto juga mengajar di kampus. Pengabdian pria yang lahir di Purwokerto, 71 tahun silam ini akhirnya menjadi buah bibir.

Keluarga Soedanto mendukung sikap dan langkah sang dokter dermawan ini. Soedanto pun berencana terus berbakti untuk warga Papua, dengan harapan layanan kesehatan masyarakat terus membaik. (Riz/*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.