Sukses

Waspada! 40 Pasien Rumah Sakit Jiwa Kabur

Warga Kenya harus waspada. Ada 40 pasien yang menderita gangguan jiwa dari rumah sakit jiwa setempat kabur.

Warga Kenya harus waspada. Ada 40 pasien yang menderita gangguan jiwa dari rumah sakit jiwa setempat kabur. Insiden kaburnya para pasien dari Mathari Mental Hospital itu terjadi pada Senin 13 Mei malam waktu setempat.

Dilansir dari Zeenews, Selasa (14/5/2013), polisi Kenya hingga saat ini masih melakukan pencarian terhadap ke-40 pasien tersebut.

Samuel Anampiu, kepala polisi yang bertanggung jawab atas daerah di mana Rumah Sakit Jiwa Mathari berada mengatakan, 70 pasien laki-laki itu menguasai rumah sakit dan membuat para penjaga kewalahan. Akibat kekacauan tersebut, 40 pasiennya berhasil melarikan diri.
 
Menurut keterangan Samuel, beberapa orang yang sempat kabur sebelumnya mengeluhkan obat yang diberikan kepada mereka tidak efektif.

Terkait hal tersebut, beredar kabar tempat perawatan kesehatan mental di Kenya mengalami kekurangan dana. Diduga akibat kemiskinan dan kurangnya akses serta stigma terkait gangguan mental menjadi penyebab pasien di rumah sakit jiwa itu kurang mendapatkan bantuan yang lebih baik. (Tnt/*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.