Sukses

VIDEO: Buruh Korban Perbudakan Temui Bupati Purwakarta

Para korban mendapat bantuan modal usaha dari Bupati Dedi Mulyadi agar bisa mandiri berwirausaha di kampung halaman.

Mantan buruh korban perbudakan di Pabrik Kuali di Tangerang, Banten, menemui Bupati dan DPRD Purwakarta, Jawa Barat. Selain meminta perlindungan dan bantuan hukum, mereka juga mendapatkan bantuan modal usaha dari sang bupati.

Dalam tayangan Liputan 6 SCTV, Selasa (14/5/2013), 4 dari 5 mantan buruh yang disekap dan dianiaya pemilik pabrik dan mandornya itu mendatangi Kantor Bupati Purwakarta didampingi tokoh masyarakat. Warga asal Kampung Jaladri, Desa Nangewer, Kecamatan Darangdan, Purwakarta itu diterima langsung Bupati Dedi Mulyadi.

Selain menyampaikan penganiayaan dan penyekapan yang mereka alami selama bekerja di pabrik milik Yuki Irawan itu, para korban juga mendapat bantuan modal usaha dari sang bupati. Agar mereka bisa berusaha di kampung halaman.

Sebelumnya, para mantan buruh itu juga mendatangi DPRD Kabupaten Purwakarta untuk meminta bantuan hukum atas kasus yang menimpa mereka.

Terkuaknya kasus perbudakan itu bermula saat 2 dari 5 mantan buruh pabrik itu berhasil melarikan diri. Keduanya melaporkan penyekapan dan penganiayaan yang mereka alami selama ini. 3 buruh berhasil dibebaskan oleh tokoh masyarakat. Pemilik pabrik dan 3 mangor telah ditahan dan ditetapkan tersangka. Sedankan 2 orang yang berperan sebagi penyalur tenaga kerja masih buron. (Adi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.