Sukses

Bupati Kepulauan Seribu Pensiun, Jokowi-Ahok Lirik Wabup

Ahok menyatakan, bisa saja Wakil Bupati Kepulauan Seribu Djunaidi yang maju sebagai bupati jika dianggap cocok dan kompeten.

Bupati Administrasi Kepulauan Seribu Achmad Ludfi telah memasuki masa pensiun. Kini Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tengah mencari pengganti Ludfi untuk mengurusi seribu pulau itu.

"Sudah pensiun. Pensiun kok, sudah keluarin surat," kata Ahok di Balaikota, Jakarta, Senin (13/5/2013).

Siapa pengganti Ludfi, Ahok menyerahkan sepenuhnya kepada Wakil Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo atau Jokowi. Namun bisa saja Wakil Bupati Kepulauan Seribu Djunaidi yang maju sebagai bupati jika dianggap cocok dan kompeten.

"Terserah Pak Gubernur. Biasanya Pak Gubernur naikin wakilnya. Kalau bagus ya," ujar Ahok.

Ludfi telah memasuki masa pensiun sejak 1 Mei 2013 lalu. Untuk menggantikan posisinya sementara, Wakil Bupati Kepulauan Seribu Djunaidi pun ditunjuk sebagai pelaksana tugas (Plt).

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) DKI Jakarta I Made Karmayoga menuturkan, tak ada perpanjangan masa jabatan untuk Ludfi yang telah berusia 56 tahun. Meskipun dalam aturan, perpanjangan itu diperbolehkan hingga mencapai usia 60 tahun.

"Perpanjangan itu, hak prerogatif Gubernur. Masa pensiun jika sudah berusia 56 tahun dan bisa diperpanjang sampai usia 60, setiap perpanjangan yakni selama 2 tahun. Tapi sesuai dengan komitmen, Pak Gubernur tidak lagi memperpanjang pejabat yang sudah pensiun," jelas Made.

Ia menambahkan, untuk pengganti posisi jabatan setingkat walikota dan bupati, Pemrov DKI harus meminta rekomendasi dari DPRD DKI Jakarta. "Sesuai dengan mekanisme dan proses, sesegera mungkin kami ajukan ke dewan. Kami minta pertimbangan DPRD," pungkas Made.

Sementara itu, serah terima jabatan (sertijab) telah dilakukan Ludfi Senin ini di Gedung Blog G Balaikota DKI Jakarta. (Ndy/*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.