Sukses

Warga Sambut Kedatangan Komnas HAM di Waduk Pluit

Setelah lama dinantikan warga Waduk Pluit, Jakarta Utara, Komisi Nasional Hak Asasi Manusia pun tiba di Jalan Kebun Tebu.

Yang ditunggu-tunggu akhirnya tiba. Setelah lama dinantikan warga Waduk Pluit, Jakarta Utara, Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) pun tiba di Jalan Kebun Tebu.

Ditemani salah satu komisioner Siane Indriyani, Ketua Komnas HAM Siti Nurlaela tiba di lokasi sekitar pukul 13.30 WIB. Keduanya pun ditemani warga untuk menelusuri RT 19/17 Kebun Tebu, Waduk Pluit.

"Saya ke-2 kalinya datang ke sini. Sebelumnya, 2 minggu lalu. Yang penting kami mau ajak dialog Pemprov dan warga," kata Siane di Waduk Pluit, Jakarta Utara, Senin (13/5/2013).

Dia menuturkan, kedatangan Komnas HAM ke lokasi untuk melihat langsung kondisi warga dan meninjau proses penggusuran yang tengah dilakukan Pemprov DKI.

"Jadi Komnas HAM memiliki fungsi pemantauan lembaga negara dalam hal ini (penggusuran). Kami lakukan pengawasan apakah proses penggusuran Pemprov DKI tidak terjadi pelanggaran di dalamnya," ujar Siane.

Pantauan Liputan6.com, warga yang girang menyambut kedatangan Komnas HAM in terus berteriak dan mengelu-elukan Siti dan Siane. Rencananya Komnas HAM akan melakukan dialog terbuka kepada warga waduk di kediaman salah satu warga dijadikan posko perlawanan tolak penggusuran ini.

Sementara itu, Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok dibuat kesal dengan klaim yang menyebutkan Pemprov DKI telah melanggar HAM. Padahal, Pemprov DKI telah menyediakan sejumlah rusun dan segala isinya untuk mengganti lahan pemerintah yang diduduki warga di Waduk Pluit.

"Saya hargai Komnas HAM. Tapi kami ini setelah reformasi bicara HAM ini jadi buyar. Kalau ada sekelompok orang menduduki tanah orang, itu melanggar HAM orang nggak?" cetus Ahok. (Ndy/*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.