Sukses

OPM Minta Bantuan Australia, Taufiq Kiemas: Ini Bukan Sepele

Tokoh Organisasi Papua Merdeka (OPM) Benny Wenda meminta bantuan Negeri Kanguru agar membantu proses kemerdekaan Tanah Papua dari NKRI.

Tokoh Organisasi Papua Merdeka (OPM) Benny Wenda, diketahui berpidato di Australia, Senin (13/5/2013). Dalam pidatonya itu, dia meminta bantuan Negeri Kanguru agar membantu proses kemerdekaan Tanah Papua dari NKRI.

Pidato Benny Wenda yang disampaikan di Panggung TedxSydney 2013 itu pun menyita perhatian sejumlah kalangan. Salah satunya Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Taufik Kiemas.

Menurut Taufik, Pemerintah Indonesia harus tegas dalam mengambil sikap. Diplomasi-diplomasi yang dilakukan harus dilakukan dengan sungguh-sungguh.

"Pemerintah mesti tegas. Diplomasi mesti dilakukan sungguh-sungguh," kata Taufik usai peluncuran buku 'Sahabat Bicara Mahfud MD' di Hotel Gran Melia, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (13/5/2013).

Menurut suami Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri itu, masalah Papua tidak bisa dianggap sebelah mata. Karenanya, Pemerintah Indonesia harus sudah mulai melakukan diplomasi dengan negara-negara luar yang terkesan mendukung OPM.

"Nggak bisa dianggap sepele ini. Segala daya, ikhtiar, dan upaya untuk diplomasi harus dimulai dari sekarang," kata Taufik.

Sebelumnya, Benny Wenda sudah mengguncang Indonesia karena dibiarkan oleh (pemerintah) Inggris dan Jerman membuka kantor perwakilan Organisasi Papua Merdeka di wilayah negara-negara itu. (Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini