by Tanti Yulianingsih

Waduh.. Benda Pusaka di Pura Bali Digondol Maling

  • Peristiwa
  • 0
  • 13 Mei 2013 00:05
Entah apa yang ada dibenak para pencuri di Tabanan, Bali sehingga mereka tega mencuri benda pusaka di kawasan tersebut. Sejumlah benda pusaka yang tersimpan di Pura Luhur Bhujangga Waisnawa, Desa Jatiluwih, Kabupaten Tabanan, Bali, akhirnya raib digondol maling pada akhir pekan.      

"Peristiwa pencurian tersebut baru diketahui Sabtu 11 Mei kemarin," kata I Gede Nyoman Sumatra selaku pemangku Pura Luhur Bhujangga Waisnawa pada Minggu (12/5/2013).

I Gede Nyoman Sumatra juga menyebutkan, beberapa benda pusaka yang digondol kawanan pencuri itu di antaranya keris, bunga terbuat dari emas, permata, dan arca Wisnu.

Sementara beberapa benda pusaka lainnya,sambungnya, seperti Meru Tumpang Solas, Meru Tumpang Tujuh, Pelinggih Gedong Kawitan, Taksu, dan Saren dalam kondisi acak-acakan.

"Kamis 9 Mei lalu saat saya masih ke pura, semua barang-barang itu masih lengkap dan utuh," jelas Nyoman Sumatra.

Menurut dia, diperkirakan para pelaku memasuki areal pura dengan merusak pintu gembok lalu beraksi mengambil semua benda pusaka itu dengan leluasa. Bahkan keris pusaka pun tak luput dari incaran para maling itu.

"Keris yang dicuri itu berusia ratusan tahun dan bertahtakan emas," terangnya.

Kepala Polsek Penebel Ajun Komisari Gede Sukanada mengatakan, pihaknya masih menyelidiki kasus pencurian benda pusaka di pura tersebut.

Dalam beberapa bulan terakhi pencurian benda pusaka di pura makin marak, meskipun beberapa pelakunya sudah berhasil ditangkap polisi. (Ant/Tnt)
Comments
Sign in to post a comment