[VIDEO] Rencana Kenaikan BBM, Picu Harga Bahan Pokok

  • Peristiwa
  • 0
  • 12 Mei 2013 06:16

sembako-naik-130512a.jpg
Meski kenaikan harga BBM memang baru sebatas rencana yang terus digodok pemerintah. Namun rencana itu ternyata sudah memicu kenaikan harga berbagai kebutuhan rumah tangga. Kenaikan kebutuhan rumah tangga terutama kebutuhan dapur di Pasar tradisional, Tegal, Jawa Tengah.

Pantauan Liputan 6 SCTV, kenaikan harga barang-barang kebutuhan konsumsi, antara lain terjadi di Pasar Pagi Kota Tegal. Hampir semua jenis bahan kebutuhan pokok, harganya naik, Minggu (12/5/2013). Kenaikan cukup tinggi terjadi pada beras, telor ayam, minyak sayur, gula, ayam potong, dan daging sapi.

Beras C4 misalnya. Dari Rp 7 ribu naik menjadi Rp 9 ribu. Minyak sayur naik dari Rp 10 ribu menjadi Rp 12.500 per kilogram. Sedangkan gula jawa naik dari Rp 12 ribu  menjadi Rp 14 ribu per kilogram.

Di kelompok sayur mayur, wortel naik dari Rp 8 ribu menjadi Rp 10 ribu per kilogram. Dan bawang putih dari Rp 16 ribu naik menjadi Rp 20 ribu per kilogram. Sementara itu harga ayam potong naik dari Rp 24 ribu menjadi Rp 26 ribu per kilogram. Daging sapi naik dari Rp 80 ribu menjadi Rp 85 ribu per kilogram.

Menurut pedagang dan pembeli, harga-harga di pasar mulai naik sejak sepekan lalu, menyusul maraknya isu rencana pemerintah menaikan harga  BBM. Kenaikan harga itu tentu saja dikeluhkan pedagang mau pun pembeli. Karena pengeluaran rumah tangga semakin membengkak, padahal penghasilan tetap.

Bagi pedagang, kenaikan harga juga dikeluhkan. Ini karena omzet mereka menurun, seiring menurunnya jumlah pembeli yang harus menekan pengeluaran rumah tangga. (Edo/Frd)

Credit: Frd

Like this article?

0 likes & 0 dislikes


Comments 0
Sign in to post a comment
Terpopuler