Sukses

[VIDEO] Polisi Periksa 28 Korban Perbudakan Pabrik Kuali

Polisi membutuhkan kesaksian mereka untuk menjerat para pelaku, serta aparat yang diduga membekingi penyekapan buruh.

Puluhan buruh asal Cianjur, Jawa Barat, yang menjadi korban perbudakan di pabrik kuali dimintai keterangan oleh petugas Polresta Tangerang. Polisi membutuhkan kesaksian mereka untuk menjerat para pelaku, serta aparat yang diduga membekingi penyekapan buruh.

Dalam tayangan Liputan 6 Terkini SCTV, Sabtu (11/5/2013), petugas Polres Tangerang mendatangi Kantor P2TP2A di Cianjur, Jawa Barat, untuk mengumpulkan keterangan dari 28 buruh yang menjadi korban penyiksaan. Polisi membutuhkan kesaksian korban untuk mengungkap dugaan keterlibatan anggota Polri dan TNI.

Saat bekerja di pabrik, buruh mengaku pernah diancam aparat dengan suara tembakan. Selain meminta kasus ini diusut, lewat kuasa hukum, para korban meminta diberi ganti rugi. Sebab selama bekerja, selain kerap disiksa, mereka juga tidak mendapat upah.

Pada 4 Mei kemarin, Polda Metro Jaya dibantu Polres Tangerang menggerebek sebuah pabrik di Kampung Bayur Opak, Sepatan, Tangerang. Sebanyak 28 buruh diselamatkan setelah sekitar lebih dari 3 bulan mereka disekap pemilik pabrik kuali itu.

Kini pemilik pabrik, Yuki Irawan dan 4 mandor telah ditangkap. Mereka tengah menjalani pemeriksaan. Polisi juga masih memburu 2 mandor lainnya. (Riz/*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.