Sukses

Mendikbud: Hasil Investigasi UN Diumumkan Senin 13 Mei

Mendikbud M Nuh menyatakan, hasil investigasi UN 2013 oleh Irjen Kemendikbud akan diumumkan pada Senin 14 Mei mendatang.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhammad Nuh menyatakan, hasil investigasi Ujian Nasional (UN) 2013 oleh Inspektorat Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Irjen Kemendikbud) akan diumumkan pada Senin 13 Mei 2013 mendatang mendatang.

"Hasil investigasi Ujian Nasional mudah-mudahan Senin besok akan kami sampaikan ke publik," ujar Nuh seusai peresmian Politeknik Negeri Madiun di Kota Madiun, Jawa Timur, Sabtu (11/5/2013).

Dijelaskan dia, ada 3 hal yang disoroti dalam investigasi tersebut, yakni lelang pengadaan, pelaksanaan dan percetakan. Namun masih ada poin yang belum siap untuk diumumkan.

"Tapi dari ketiganya, yang hasilnya sudah siap kita sampaikan ke publik adalah wilayah pelaksanaan. Karena wilayah pengadaan masih perlu waktu untuk mempertajam kenapa dan lain sebagainya," beber Nuh.

Meski pekan depan belum dapat dipublikasikan semua, Nuh menegaskan, hasil investigasi UN secara keseluruhan akan segera diumumkan.

"Secara umum, mudah-mudahan dalam waktu dekat sudah selesai semuanya," tegas Nuh.

Dia menambahkan, jika nantinya dari hasil investigasi diketahui ada yang lalai, pihaknya akan memberikan sanksi tegas kepada yang bersangkutan.

"Sanksi akan diberikan. Mulai dari yang ringan yaitu berupa peringatan, tertulis, sampai sanksi pemberhentian," kata Nuh.

UN tingkat SMA/sederajat banyak menuai kritik akibat penyelenggaraannya yang tidak serempak di sejumlah daerah. Terdapat 11 provinsi dari 33 provinsi di Tanah Air yang pelaksanaan ujian nasionalnya mundur akibat keterlambatan naskah soal ujian. (Ant/Riz/*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini