Sukses

600 Ribu Calon Mahasiswa Diprediksi Ikuti SBMPTN

Diperkirakan akan ada sekitar 600 ribu calon mahasiswa yang akan mengikuti tes tertulis di jalur baru masuk universitas dan institut negeri tersebut.

Panitia Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) telah membuka pendaftaran. Diperkirakan akan ada sekitar 600 ribu calon mahasiswa dari SMA dan pendidikan setara yang akan mengikuti tes tertulis di jalur baru masuk universitas dan institut negeri tersebut.

"Kurang lebihnya 600 ribu, bisa lebih dari itu. Dengan jumlah kursi yang disediakan perguruan tinggi sekitar 90 ribu," jelas Ketua Umum Panitia Pelaksana SBMPTN 2013 Akhmaloka dalam pemaparannya tentang SBMPTN di Jakarta, Sabtu (11/5/2013).

Sementara itu, Akhmaloka mengatakan, saat ini telah terdaftar 62 perguruan tinggi yang akan memberikan sekitar 30% kuota calon mahasiswa barunya melalui jalur SBMPTN.

"Tidak semua presentasinya 30 persen dari kursi yang ada, tapi rata-rata segitu. Untuk ITB (Institut Teknologi Bandung) 40% dan Unpad (Univerditas Padjajaran) juga lebih dari 30%," jelas Akhmaloka.

Rencananya pendaftaran SBMPTN akan dilaksanakan pada 13 Mei hinggal 7 Juni pukul 22.00 WIB melalui website http://ujian.sbmptn.or.id. (Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.