Beda Biaya dan Sebutan Program, SNMPTN Berubah Jadi SBMPTN

on

Pemerintah menetapkan sistem baru bagi para calon mahasiswa yang ingin ikut seleksi ujian masuk universitas negeri melalui program Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Nasional (SBMPTN). Program ini memiliki beberapa perbedaan dengan sistem sebelumnya, Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) baik dari segi penyelenggaraan maupun biaya.

SBMPTN hanya melayani tes tertulis dan keterampilan saja. Sedangkan SNMPTN untuk sistem yang sebelumnya disebut dengan Jalur Undangan atau seleksi berdasarkan nilai rapor ataupun prestasi lainnya calon mahasiswa.

"Jadi pada dasarnya SBMPTN adalah tes tertulis. Namun ini juga masih satu panitia dengan SNMPTN," kata ketua SBMPTN Akhmaloka saat sosialisasi SBMPTN di Jakarta, Sabtu (11/5/2013).

Ia menjelaskan, selain itu ada beberapa perbedaan dari penamaan pilihan program studi dan biaya ujian. SBMPTN membagi 3 pilihan, Sains dan Iptek (Saintek) atau yang sebelumnya disebut IPA pada SNMPTN, Sosial dan Humaniora (Soshum) serupa IPS pada SNMPTN, dan Campuran alias IPC.

"Biayanya naik Rp 25.000 jika dibandingkan dengan sebelumnya SNMPTN. Untuk Saintek dan Soshum Rp 175.000 dan Campuran Rp 200.000," jelas Akhmaloka.

Ia menambahkan, dari pilihan itu calon mahasiswa diperbolehkan memilik 3 prodi. Sedangkan untuk beberapa universitas yang memiliki syarat program studi berbeda seperti Psikologi di Universitas Padjajaran adalah IPS dan di UGM adalah IPA.

Untuk kasus seperti ini calon mahasiswa disarankan mengambil Campuran atau Saintek dan Soshum dengan merujuk pada informasi yang tersedia di web universitas.

"Peserta melihat langsung ke website perguruan tinggi. Keterangannya ada di peguruan tinggi masing-masing yang di-link ke website kami," ungkapnya.

Tak hanya ujian tertulis, ujian keterampilan juga akan diselenggarakan bagi beberapa program studi yang mengharuskan adanya ujian tambahan yaitu ujian olah raga, sendratari dan musik, seni tari, seni musik, dan seni rupa dan atau desain.

"Tapi kalau ada yang mau ikut masuk seni rupa dan desain seperti di ITB, ada ujian keterampilannya. Gambar dan lain-lain, nah peserta seperti itu yang dikenai tambahan ujian keterampilan itu Rp 150 ribu," jelas Akhmaloka.

Sementara itu SBMPTN dijadwalkan pelaksanannya dari 13 Mei pukul 08.00 WIB sampai 7 Juni 2013 pukul 22.00 WIB untuk pendaftaran. Sedangkan pelaksanaan ujian tulis digelar 18-19 Juni 2013, ujian keterampilan 20 dan atau 21 Juni 2013. Pengumumam hasil ujian 2 Juli 2013 pada pukul 17.00 WIB. (Adi/*)

Suka artikel ini?

0 Comments