Sukses

Sambil Olah Kejadian Perkara, Polri Buru Teroris Lain

Polri masih terus melacak teroris-teroris yang berasal dari kelompok Abu Roban itu. Karena diperkirakan masih ada teroris lain yang berkeliaran.

Usai penangkapan terduga teroris di Cigondewah, Bandung, Polri masih terus melacak jaringan teroris pimpinan Abu Roban alias Untung Hidayat itu. Polisi memperkirakan masih ada teroris lain yang berkeliaran.

"Hari ini kita mengembangkan, dalam peristiwa perampokan bank, terutama bank yang pernah dirampok," ucap Kepala Biro Penerangan Masyarakat Brigjen Pol Boy Rafli Amar, di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Jumat (10/5/2013).

Polri akan melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) di titik-titik yang sudah dijadikan tempat perampokan. Adapun beberapa tempat yang akan dilakukan olah TKP oleh Polri adalah Bank BRI cabang Batang, Lampung, Grobokan, Bandung, Toko Mas Tambora Jakarta, serta Kantor Pos dan Giro Bandung.

Boy menerangkan, olah TKP di tempat-tempat tersebut guna melihat runutan, keterkaitan peristiwa, dan siapa saja yang ikut berperan dalam peristiwa itu. "Dilakukan penelusuran untuk dilihat siapa saja yang terlibat membantu atau bersama-sama dengan kelompok ini," terangnya.

Penggerebekan polisi yang dilakukan secara serentak pada Rabu 8 Mei oleh Densus 88 berjalan mulus usai ditangkapnya Wiliam Maksum alias Acum atau Dadan, yang memberikan informasi tentang keberadaan rekan-rekan teroris lainnya. Maksum ditangkap di Jalan Cipacing, Bandung.

Dari informasi Maksum, Densus langsung menggerebek 4 lokasi secara serentak dan meringkus 19 terduga teroris lainnya di beberapa lokasi berikut:

1. Lokasi:  Kampung Limpung Batang, Kendal, Jawa Tengah.
Pelaku: Abu Roban (tewas ditembak), Purwanto dan Iwan

2. Lokasi: Kampung Batu Rengat RT 02/RW 08, Desa Mekar Rahayu, Kecamatan Marga Asih, Bandung
Pelaku: Budi alias Angga (tewas), Junet alias Encek (tewas), Saramade (tewas), Haris Fauzi alias Jablud (menyerah).

3. Lokasi: Desa Kutowaringin, Kebumen, Jawa Tengah
Pelaku: Bastari (tewas), Toni (tewas), Bayu alias Ucup (tewas), Farel, Wagiono, Slamet, Budi.

4. Lokasi: Serpong, Pamulang, dan Jakarta
Pelaku: Faisal alias Boim, Endang, Agung, Agus Widharto, Iman.

(Tnt)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.