[VIDEO] Sempurna! Gerhana Matahari`Ring of Fire`di Australia

  • Internasional
  • 0
  • 10 Mei 2013 19:45

gerhana-australia130510b.jpg
Para pengamat langit di daerah pedalaman Australia, Jumat (10/5) pagi disuguhi pemandangan spektakuler. Ketika Bulan melintas di depan Matahari. Menciptakan "cincin api" atau ring of fire di sekitar siluetnya.

Gerhana matahari bisa dilihat  penuh di seluruh Australia bagian utara, sementara Sydney menyaksikan gerhana parsial. "Sempurna!," seru Geoff Sims, yang memotret momentum tersebut dari wilayah terpencil di Australia Barat, seperti dimuat News.com.au, Jumat (10/5/2013)

"Ini kali pertamanya bagiku melihat gerhana cincin. Saya sudah mengira bakal spektakuler, ternyata aku benar-benar kagum. Sangat cantik," kata dia. "Matahari muncul mirip cincin emas yang sempurna. Sangat fenomenal!"

Dari posisinya sekitar 150 kilometer di selatan Newman, wilayah Pilbara, Australia Barat, Geoff Sims mendeskripsikan momentum saat ia melihat Bulan bergerak di depan Matahari. Seperti menari!

Sementara, gerhana parsial terlihat di sejumlah titik Australia. Seperti di Observatorium Sydney, warga menonton Bulan seakan "menggigit" bagian Matahari.

"Apa yang kita lihat adalah keselarasan parsial, sehingga pada pukul 07.50 pagi ini Bulan meluncur menutupi sebagian antara Bumi dan Matahari," kata pegawai observatorium, Geoffrey Wyatt. "Bulan memblokir bagian dari Matahari....lalu gigitan kecil itu makin besar dan besar."

Di Sydney, maksimal Bulan menutupi 39 persen bayangan Matahari.  

Warga Indonesia Jadi Saksi

Fenomena gerhana matahari juga bisa diamati di sebagian wilayah Indonesia. Berkat cuaca cerah. Seperti di Pantai Sanur, Bali, fase akhir gerhana matahari cincin terjadi mulai pukul 05.39 Wita hingga 07.36 Wita dengan penampakan berupa gerhana matahari sebagian.

Penampakan serupa juga terjadi di Madiun dan Indramayu. Di Yogyakarta, matahari terbit dalam keadaan gerhana pada pukul 06.27 WIB, tinggi Matahari hanya 11 derajat. Di Bandung gerhana berakhir pada pukul 06.27 WIB. di Jakarta, hanya berkesempatan mengamati GMS sekitar 30 menit, antara pukul 05.55-06.25 WIB.

Sejumlah umat Islam pun menggelar Salat Gerhana Matahari di masjid di lingkungan masing-masing. Salahg satunya di Bandung. "Salat gerhana di Masjid Agung Bandung dilakukan tadi diikuti jamaah setelah salat subuh," kata Mustopa, pengurus DKM Masjid Raya Jabar. (Ein)

Credit: Ein

Terpopuler