Sukses

VIDEO: Nonton dan Salat Gerhana Matahari di Tanah Air

Gerhana matahari cincin ini bisa disaksikan secara maksimal di Papua, Indonesia bagian Timur dan Australia.

Gerhana Matahari Sebagian (GMS) terjadi pada Jumat (10/5/2013) pagi di Pulau Jawa. Gerhana matahari cincin ini bisa disaksikan secara maksimal di Papua, Indonesia bagian Timur dan Australia. Fenomena langka ini disaksikan oleh seluruh astronom di seluruh dunia.

Meski hanya 2 jam dan sempat tertutup awan, warga Solo, Jawa Tengah sangat antusias menyaksikan fenomena Gerhana Matahari di Pondok Pesantren As-Salam, Pabelan, Sukoharjo.

Para santri menyaksikan fenomena alam ini melalui teropong. Klub astronomi santri As-Salam mengamati langsung peristiwa tersebut sejak awal bulan.

Fenomena ini juga menarik para fotografer mendatangi Pantai Waru Doyong, Kalipuro, Banyuwangi, Jawa Timur. Di pantai yang berhadapan langsung dengan Selat Bali ini, mereka menanti Gerhana Matahari.

Pantai Waru Doyong memang kerap digunakan warga untuk menyaksi gerhana. Lokasinya yang terletak di antara Jawa dan Bali memberikan suasana berbeda saat gerhana terjadi. Namun awan gelap membuat mereka gagal mengambil foto momen langka ini

Gema takbir berkumandang di berbagai masjid di Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, selepas salat subuh -- saat warga menanti detik-detik berlangsungnya Gerhana Matahari. Usai takbir, umat Muslim menggelar salat gerhana berjamaah, bertepatan dengan saat terjadinya gerhana.

Di Tasikmalaya, Jawa Barat, gema takbir dan salat gerhana juga dilakukan warga. Namun gerhana tidak terlihat karena tertutup awan. (Riz)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.