Sukses

Ditantang Walikota Belanda Main Bola, Jokowi Takut Patah Tulang

Jokowi mendapat kunjungan 20 walikota asal Belanda. Nama Jokowi ternyata sohor sampai ke negeri kincir angin itu.

Sebanyak 20 walikota asal Belanda berkunjung ke Balaikota DKI Jakarta untuk bertemu dengan Gubernur Joko Widodo. Ternyata, nama gubernur yang karib disapa Jokowi ini sohor hingga ke negeri kincir angin itu.

"Kami datang ke tempat ini untuk bertemu dengan Pak Gubernur (Jokowi). Karena di Belanda Beliau sangat dikenal peduli terhadap kesehatan," ujar salah satu anggota rombongan Jos Heijmans, di Balaikota DKI jakarta, Jumat (10/5/2013).

Dalam pertemuan itu, tambah Heijmans, para walikota asal Belanda ini juga menantang tim sepak bola Pemprov DKI Jakarta melakukan pertandingan amal untuk para penderita penyakit lepra yang digagas oleh sebuah lembaga swadaya masyarakat (LSM) kesehatan Belanda.

"Kami mengajak Gubernur untuk menggelar pertandingan sepakbola amal, nantinya dana yang terkumpul dalam pertandingan tersebut akan kami sumbang bagi penderita lepra di Indonesia," ujar Heijmans yang juga menjabat sebagai Walikota Weert, salah satu kota di Belanda.

Jokowi mengapresiasi tantangan bermain sepakbola dari para walikota asal Belanda tersebut. Namun dia mengaku tidak berani ikut bermain lantaran fisiknya yang tidak sebanding dengan para walikota yang bertubuh lebih besar.

"Saya tidak ikut, bodinya gede-gede kaya gitu, body saya begini, ditabrak gimana. Tabrak patah (tulang) saya," kata Jokowi sambil tertawa. Pertandingan amal itu sendiri rencananya akan gelar sore pukul 17.00 WIB hari ini di GOR Soemantri Brojonegoro, Kuningan, Jakarta Selatan.

Jokowi juga tidak akan bermain, meski hanya bermain sebagai penjaga gawang. "Kiper gimana, nanti kalau ditendang kegawang saya ikut masuk gawang repot nanti," kata dia.

Menurut Jokowi, kunjungan tersebut merupakan upaya menjalin kekerabatan antara provinsi dan kota di Belanda dengan Pemprov DKI Jakarta. Ia pun mendukung pelaksanaan program ini. "Ya ini kan bagus, menjalin persahabatan mereka datang kesini, ya kita sambut baik dong," ujar mantan Walikota Solo ini. (Eks)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.