Sukses

Menakjubkannya Gerhana Matahari Sebagian di Indonesia

Karena cuaca cerah, di sejumlah wilayah Indonesia, penampakan Matahari yang tertutup bulan itu sangat menakjubkan.

Gerhana Matahari Sebagian (GMS) telah terjadi di Indonesia pada Jumat (10/5/2013). Karena cuaca cerah, di sejumlah wilayah Indonesia, penampakan Matahari yang tertutup bulan itu sangat menakjubkan.

Seperti di Pantai Sanur, Bali, fase akhir Gerhana Matahari Cincin (GMC) terjadi mulai pukul 05.39 Wita hingga 07.36 Wita dengan penampakan berupa Gerhana Matahari Sebagian.

Penampakan serupa juga terjadi di Madiun dan Indramayu. Di Yogyakarta, matahari terbit dalam keadaan gerhana pada pukul 06.27 WIB, tinggi Matahari hanya 11 derajat. Di Bandung gerhana berakhir pada pukul 06.27 WIB.  di Jakarta, hanya berkesempatan mengamati GMS sekitar 30 menit, antara pukul 05.55-06.25 WIB.

Salat Gerhana

Sementara itu, umat Islam di kawasan Bandung selatan, pada Jumat pagi, menggelar Salat Gerhana Matahari di masjid di lingkungan masing-masing. "Salat gerhana di Masjid Agung Bandung dilakukan tadi diikuti jamaah setelah salat subuh," kata Mustopa, pengurus DKM Masjid Raya Jabar.

Gerhana matahari yang terlihat di sebagian wilayah Jawa, terjadi mulai pukul 06.00 WIB saat matahari yang baru terbit hanya terlihat sepertiga bagian. Sementara itu cuaca di kawasan Bandung selatan yang sejak pukul 05.30 WIB cukup cerah, menjadi seperti berkabut pada gerhana matahari sebagian terjadi.

Suara takbir dikumandangkan dari masjid-masjid sebagai tanda terjadinya fenomena alam yang menunjukkan keagungan Allah SWT. "Gerhana matahari merupakan fenomena alam yang menunjukkan keagungan Allah SWT sebagai Maha Pencipta," kata Ustad Iyep Diymati pimpinan DKM Al-Ikhwan di Ciparay Kabupaten Bandung.

Selepas salat subuh, warga tetap berada di masjid sambil berdoa dan zikir. Sebagian warga keluar rumah untuk melihat munculnya matahari yang dua pertiganya terhalang bayangan bulan. (Ant/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.