Sukses

2 Posisi Walikota Kosong, DPRD DKI Masih Himpun Masukan Warga

Sama seperti proses penyeleksian calon-calon camat dan lurah DKI Jakarta yang membutuhkan waktu sekitar 2 bulan, DPRD DKI menilai hal yang sama berlaku pada pemilihan walikota.

Posisi Walikota Jakarta Selatan dan Jakarta Barat saat ini masih diduduki pelaksana tugas (Plt). Meski Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo atau Jokowi telah mengirim nama untuk menduduki kedua posisi walikota itu, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta masih menunggu rekomendasi dari DPRD DKI sebelum mengadakan pelantikan.

Terkait hal ini, DPRD DKI Jakarta menyatakan belum bisa memberikan rekomendasi mengenai pengisi jabatan Walikota Jaksel dan Jakbar itu. Hingga kini, DPRD DKI masih menghimpun masukan dari masyarakat mengenai sosok pengisi jabatan kedua walikota itu.

"Masih mengumpulkan masukan-masukan dari warga," kata Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Triwisaksana di Jakarta, Jumat (10/5/2013).

"Karena kan sekarang senangnya yang berkualitas," imbuh pria yang akrab disapa Sani itu.

Sama seperti proses penyeleksian calon-calon camat dan lurah DKI Jakarta yang membutuhkan waktu sekitar 2 bulan, lanjut dia, begitu pula dengan pemilihan walikota. Diperlukan pertimbangan yang matang agar bisa menemukan figur walikota yang sesuai dengan harapan masyarakat Jakarta.

"Kan lelang camat dan lurah saja juga menghabiskan waktu berminggu-minggu, bahkan berbulan-bulan. Masa walkot tidak begitu. Jadi walkot juga harus dengar masukan dari warga," tutur Sani.

Sani menyatakan, tak ada masalah dengan nama calon walikota yang diajukan Jokowi. Namun kritik dan saran dari warga menjadi bagian penting yang masih dikumpulkan pihaknya.

DPRD DKI telah memperoleh beberapa masukan yang enggan Sani ungkapkan. Namun diharapkan rekomendasi yang berisi pertimbangan dan penilaian akan pengganti walkot Jaksel dan Jakbar itu dapat dirampungkan pada Mei.

"Ya saya enggak enak untuk mengungkapkan, yang jelas ada plus minusnya. Kalau kami sih tidak ada masalah. Pada prinsipnya Gubernur tinggal ngelantik. Rekomendasi, insya Allah dalam bulan ini," ujar Sani.

Jokowi telah memilih Wakil Walikota Jakarta Pusat Fatahillah untuk menduduki jabatan Walikota Jakarta Barat. Sedangkan posisi Walikota Jakarta Selatan akan diisi oleh Plt Walikota Jaksel Syamsuddin Noor. (Ndy)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini