Sukses

VIDEO: Status Siaga, Gunung Papandayan Dijaga Ketat Petugas

Selain melarang kunjungan wisatawan, petugas juga menghentikan aktivitas ratusan petani yang biasa menggarap lahan di dekat kawah gunung itu.

Penjagaan di sekitar kawah Gunung Papandayan, Garut, Jawa Barat, diperketat. Petugas menutup gunung itu dari aktivitas manusia. Selain melarang kunjungan wisatawan, petugas juga menghentikan aktivitas ratusan petani yang biasa menggarap lahan di dekat kawah gunung itu.

Hal itu terlihat di pintu masuk pertama menuju Gunung Papandayan yang biasanya kosong tanpa penjagaan, kini dijaga sejumlah orang. Sepeda motor sang petugas sengaja diparkir di tengah jalan untuk menghalangi kendaraan lain masuk.

Naiknya status Gunung Papandayan dari waspada menjadi siaga sejak Minggu 5 Mei lalu, membuat petugas memperketat pengamanan. Mereka melarang kunjungan wisatawan dan aktivitas petani penggarap lahan yang berada di sekitar kawah gunung ini.

Larangan tersebut terpaksa dipilih untuk menghindari kejadian yang tak diinginkan menyusul meningkatnya aktivitas kegempaan gunung api papandayan sejak beberapa hari terakhir.

"Gunung sendiri ditutup untuk umum untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan," kata polisi hutan Gunung Papandayan, Harim, dalam tayangan Liputan 6 SCTV, Jumat (10/5/2013).

Hingga Kamis 9 Mei kemarin, aktivitas kegempaan Gunung Api Papandayan tercatat mengalami 12 kali gempa vulkanik dangkal, 31 kali gempa tektonik lokal, dan 4 gempa vulkanik dalam.(Ali)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini