Sukses

Jokowi: Penataan Pasar Minggu Tidak Langsung Digerebek-gerebek

Relokasi para pedagang Pasar Minggu yang dilakukan PD Pasar Jaya selaku pengelola pasar, mestinya mengajak bicara mereka terlebih dahulu.

Revitalisasi pasar tradisional menjadi salah satu program yang diusung Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) dalam 5 tahun kepemimpinannya. Pasar Minggu menjadi pasar perdana yang akan ditata. Namun, rencana ini justru dikeluhkan para pedagang di sana.

Relokasi yang tiba-tiba membuat para pedagang mengadu kepada Jokowi. Mendengar keluhan warga, pria bernama lengkap Joko Widodo itu pun mendatangi Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

"Ya ada pengaduan dari pedagang. Kira-kira 2 Minggu yang lalu dan saya baru bisa ke sini sekarang," kata Jokowi di Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Kamis (9/5/2013).

Mantan Walikota Solo itu pun menyesalkan adanya relokasi terhadap para pedagang yang dilakukan secara sepihak. "Tidak langsung digerebek-gerebek, langsung rampungin-rampungin. Mesti ada proses dialog, proses musyawarah, proses rembukan, itu akan lebih baik," tuturnya.

Menurut dia, seharusnya sebelum merelokasi para pedagang, PD Pasar Jaya selaku pengelola pasar mengajak bicara mereka terlebih dahulu. Ini demi menghasilkan kesepakatan bersama antara pengelola pasar dan para pedagang.

"Intinya penataan pedagang yang tidak sesuai dengan keinginan mereka. Mestinya kan pedagang, alangkah lebih baik kalau diajak bicara, diajak musyawarah, dirembuk bareng-bareng gitu. Sehingga solusinya adalah solusi yang win-win, " pungkas Jokowi. (Ndy)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.