Sukses

Sutiyoso Sudah Prediksi Berkas Caleg PKPI Tidak Lengkap

Ketua Umum PKPI Sutiyoso mengaku sudah memprediksi karena rentang waktu selama 3 minggu untuk melengkapi DCS terlalu singkat dan rumit.

Komisi Pemilihan Umun (KPU) telah mengumumkan hasil verifikasi berkas daftar caleg sementara (DCS) seluruh parpol peserta Pemilu 2014. Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) merupakan salah satu partai yang sebagian besar para calegnya tidak lolos verifikasi karena tidak memenuhi persayaratan.

Menanggapi hal itu, Ketua Umum PKPI Sutiyoso mengaku sudah memprediksi banyak calegnya tidak lolos verifikasi. Ia beralasan rentang waktu selama 3 minggu untuk menyusun daftar nama untuk pemilu terlalu singkat dan jelas sulit.

"Waktu 3 minggu itu singkat, ditambah administrasi KPU yang ribet. Jadi setelah pengumuman hasil verifikasi berkas bacaleg kemarin kita gagal. Ya itu bukan suatu masalah. Itu sudah diprediksi," kata Sutiyoso yang akrab disapa Bang Yos kepada Liputan6.com diJakarta, Rabu (8/5/2013).

Ia pun meminta masalah DCS jangan terlalu dibesarkan, karena PKPI merupakan partai baru. Menurutnya partai mapan saja masih bermasalah untuk melengkapi berkas DCS.

"Kita ini partai baru, jadi ya enggak masalah. Partai besar dan mapan saja masih bermasalah. Masih ada tanggal 9 sampai 22 Mei untuk membenarkannya. Saya patok tanggal 17 Mei mendatang semua ketidaklengkapan sudah selesai," imbuh mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Ia menambahkan sebagai partai terakhir yang dinyatakan lolos verikasi partai peserta Pemilu 2014, partainya tidak hanya fokus membenahi partai. Tetapi juga menentukan nama-nama yang berkualitas untuk diusung dalam pemilu mendatang.

"Mencari yang berkualitas itu sulit. Jadinya lama. Apalagi kita adalah partai terakhir yang dinyatakan lolos. Makanya untuk urusan ketidaklengkapan berkas, kita tidak ambil pusing," pungkas Bang Yos.(Adi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini