Sukses

Tolak Didikte Bank Dunia, Jokowi Akan Temui Menteri PU

Pertemuan itu dalam rangka menyampaikan unek-unek terkait banyaknya syarat yang diajukan Bank Dunia kepada Pemprov DKI untuk meminjamkan dana proyek JEDI.

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) berencana menemui Menteri Pekerjaan Umum (PU) Joko Kirmanto. Pertemuan itu dalam rangka menyampaikan unek-unek terkait banyaknya syarat yang diajukan Bank Dunia kepada Pemprov DKI untuk meminjamkan dana proyek Jakarta Emergency Dredging Initiative (JEDI).

"Ya kita mau ketemu dengan pak menteri dulu karena dari kita emang ada ganjelan yang harus kita sampaikan juga," ujar Jokowi di Balaikota, Jakarta, Rabu (8/5/2013).

Jokowi menilai, Bank Dunia terlalu mendikte Pemprov DKI dalam banyak hal yang meliputi pelaksanaan pembangunan JEDI. Seperti administrasi, proses di lapangan, dan lain sebagainya. Hal itulah yang ingin disampaikan ke Kementerian PU.

"Ya kita mau tanya dulu Kementerian PU. Kita mau bicarakan dengan Kementerian PU, kita ini kan masih bicarakan pelaksanaan. Ya, artinya administrasi, pelaksanaan lapangannya, ya jangan semuanya didikte. Itu saja lah intinya," kata Jokowi.

Dirinya pun menambahkan, apabila Bank Dunia masih saja memberikan banyak syarat, maka Pemprov DKI akan memilih menggunakan dana dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DKI 2013.

"Ya dana APBD. Kalau emang terpaksa APBD ya APBD. Ya, bisa saja. Tapi kan gitu, harus budgeting sama dewan dan lain-lain. Kita harus tanya lagi lah. Tapi kalau dari diri kita juga aturan-aturannya seperti itu kita juga. Aduuuh, capek," tutup Jokowi. (Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.