KPU Tak Temukan Caleg Ganda di DCS untuk DPRD DKI

on

Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Provinsi DKI Jakarta tidak menemukan adanya caleg ganda di partai mau pun dapil dalam daftar caleg sementara (DCS) untuk DPRD DKI.

"Sejuh ini belum ditemukan caleg ganda. Baik ganda dapil maupun ganda partai tidak ada," kata Sumarno selaku Ketua Pokja Pencalonan KPU DKI di Jakarta, Selasa (8/5/2013).

Ia menambahkan pihaknya juga telah melakukan verifikasi terhadap seluruh bacaleg DPRD DKI yang masuk dalam DCS berjumlah 1.267 orang. Hasilnya, sebagian besar bacaleg tidak memenuhi persyaratan administratif. Bahkan ada pula yang tidak ada berkasnya sama sekali.

"Tidak ada partai yang memenuhi syarat, tetapi ada pula bacaleg yang memenuhi syarat dari beberapa parpol tetapi jumlahnya tidak signifikan. intinya jika dikalkulasi dari seluruh partai, maka seluruh partai tersebut bacalegnya hampir rata-rata tidak memenuhi syarat," jelas Sumarno.

Ia menambahkan para caleg yang tidak memenuhi syarat lantaran rata-rata tidak melengkapi dan mengisi formulir BB8 yang menyatakan tidak akan rangkap tugas sebagai advokat dan notaris. Serta formulir BB 10 yang menyatakan bahwa tidak akan rangkap jabatan di perusahaan BUMN, BUMD atau PNS.

"Bahkan ada yang juga lupa mengisi BB 11 yaitu daftar riwayat hidup," tuturnya.

Karena itu, KPU DKI Jakarta menghimbau kepada seluruh partai politik untuk memanfaatkan waktu selama 14 hari yang terhitung dari 9-22 Mei 2013 untuk melengkapi persyaratan yang ditentukan. Sehingga para caleg bisa bertarung memperebutkan 106 kursi DPRD DKI Jakarta dalam pemilu legislatif 2014 mendatang.

"Semua partai berpeluang memenuhi syarat. Karena itu seluruh partai harus melengkapi persyaratan seluruh calegnya hingga tanggal 22 Mei 2013 sesuai dengan peraturan KPU," tukas Sumarno.(Adi)
Suka artikel ini?
Riski Adam
Riski Adam

  Full bio »

0 Comments