Sukses

Tolak PHK, Ratusan Buruh Karawang Geruduk Kemenakertrans

Mereka menolak dipecat dari PT Sampoerna.

Ratusan buruh dari Komite Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (K-SPSI) menggeruduk kantor Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi di Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan. Mereka menolak dipecat dari PT Sampoerna.

Pantauan Liputan6.com pada Rabu (8/5/2013) di depan gerbang kantor Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi, 300-an buruh sudah mulai berdatangan memenuhi halaman depan kantor yang dipimpin Muhaimin Iskandar itu.

Para buruh tersebut menolak Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) massal di PT Sampoerna di Karawang, Jawa Barat. Tak hanya itu mereka juga menolak adanya sistem kerja outsourcing yang diterapkan dalam perusahaan tersebut.

"Mana hati nurani bapak Muhaimin? Tunjukkan Pak! Bapak sebagai pemimpin kami. Kita tidak dapat gaji dan upah, Pak. Gaji kami belum dibayar, Pak. Mana perhatian pemerintah? Kita harus lawan teman-teman," ujar salah satu orator di atas mobil komando.

Sementara itu, 80 aparat kepolisian dari Polda Metro Jaya dan Polres Metro Jakarta Selatan. Puluhan aparat kepolisian berjaga guna mengamankan demonstrasi tersebut. (Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.