Sukses

Hakim Pemilik Tempat Dugem Sky Garden di Bali Diusut KY

Komisi Yudisial saat ini masih menelusuri laporan soal Hakim Upiek yang diduga memiliki tempat dugem Sky Garden di Bali.

Komisi Yudisial (KY) masih menelusuri laporan terhadap Yuningtyas Upiek, seorang Hakim yang bertugas di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Dia diduga memiliki saham dan mengelola bisnis tempat dugem Sky Garden di Bali.

"Saat ini sedang penelusuran dan validasi semua informasi itu," kata Juru Bicara KY, Asep Rahmat Fajar kepada Liputan6.com di Jakarta, Rabu (8/5/2013).

Asep menjelaskan, sampai sejauh ini, KY belum memanggil Hakim Upiek untuk diperiksa. "(Pemanggilan) Belum. Yang pasti (penelusuran dan validasi) sedang berjalan," ujarnya.

"Tentunya tujuan dari proses ini salah satunya untuk mengetahui kebenaran dari berbagai informasi yang ada," kata Asep menambahkan.

Hakim Upiek dilaporkan oleh Rusdianto ke KY. "Hakim ini punya tempat dugem bernama Sky Garden, di Bali. Kami duga dia punya sebagian saham di tempat itu. Dan AD/ART di situ sifatnya tertutup sehingga saya tidak bisa cek," ujar salah seorang pelapor, Rusdianto usai medaftarkan laporan di Gedung KY, Jakarta, Selasa (23/4).

Rusdianto menilai, seorang hakim tidak boleh mengelola bisnis yang diduga dengan memanfaatkan profesinya itu. Pasalnya, jika itu terjadi, maka akan masuk kategori pelanggaran kode etik.

Hingga saat ini Hakim Upiek masih belum berkomentar. Saat disambangi Liputan6.com (24/4), Upiek selalu menghindar dengan alasan diburu sidang.

"Sebentar mas, saya mau sidang," kata Upiek saat ditemui di kantornya lantai 2 gedung Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa (24/4).

Saat itu, Upiek memang terlihat memasuki ruang sidang 5. Dia memimpin jalannya sidang soal akte kelahiran. Hampir 1,5 jam memimpin sidang, Hakim Upiek pun pindah ke ruang sidang anak untuk memimpin persidangan kasus anak. (Ary)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini