Hakim Pemilik Tempat Dugem Sky Garden di Bali Diusut KY

By Oscar Ferri

on May 08, 2013 at 11:59 WIB

Komisi Yudisial (KY) masih menelusuri laporan terhadap Yuningtyas Upiek, seorang Hakim yang bertugas di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Dia diduga memiliki saham dan mengelola bisnis tempat dugem Sky Garden di Bali.

"Saat ini sedang penelusuran dan validasi semua informasi itu," kata Juru Bicara KY, Asep Rahmat Fajar kepada Liputan6.com di Jakarta, Rabu (8/5/2013).

Asep menjelaskan, sampai sejauh ini, KY belum memanggil Hakim Upiek untuk diperiksa. "(Pemanggilan) Belum. Yang pasti (penelusuran dan validasi) sedang berjalan," ujarnya.

"Tentunya tujuan dari proses ini salah satunya untuk mengetahui kebenaran dari berbagai informasi yang ada," kata Asep menambahkan.

Hakim Upiek dilaporkan oleh Rusdianto ke KY. "Hakim ini punya tempat dugem bernama Sky Garden, di Bali. Kami duga dia punya sebagian saham di tempat itu. Dan AD/ART di situ sifatnya tertutup sehingga saya tidak bisa cek," ujar salah seorang pelapor, Rusdianto usai medaftarkan laporan di Gedung KY, Jakarta, Selasa (23/4).

Rusdianto menilai, seorang hakim tidak boleh mengelola bisnis yang diduga dengan memanfaatkan profesinya itu. Pasalnya, jika itu terjadi, maka akan masuk kategori pelanggaran kode etik.

Hingga saat ini Hakim Upiek masih belum berkomentar. Saat disambangi Liputan6.com (24/4), Upiek selalu menghindar dengan alasan diburu sidang.

"Sebentar mas, saya mau sidang," kata Upiek saat ditemui di kantornya lantai 2 gedung Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa (24/4).

Saat itu, Upiek memang terlihat memasuki ruang sidang 5. Dia memimpin jalannya sidang soal akte kelahiran. Hampir 1,5 jam memimpin sidang, Hakim Upiek pun pindah ke ruang sidang anak untuk memimpin persidangan kasus anak. (Ary)

Credit Ary

Suka artikel ini?
Oscar Ferri
Oscar Ferri

  Full bio »

0 Comments