PSMKGI Peringati Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Dunia 2013

  • Citizen6
  • 0
  • 08 Mei 2013 07:34
Citizen6, Bandung: Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Dunia atau disebut juga World Oral Health Day (WOHD) adalah hari yang diperingati oleh seluruh masyarakat dunia setiap tahun. Mulai 2013 diperingati pada 20 Maret yang lalu, sedangkan di tahun sebelumnya, peringatan WOHD ini dirayakan setiap 12 September.

Pada awalnya Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Dunia telah dirayakan sejak 2008, keputusan tersebut diambil berdasarkan kongres tahunan Forum Diskusi Ilmiah (FDI) di Dubai 2007. Tanggal yang dipilih pada mulanya adalah 12 September, namun telah berubah menjadi 20 Maret melalui hasil kongres tahunan FDI di Hongkong.

Peringatan Hari Kesehatan Gigi dan Mulut se-Dunia dilaksanakan dalam rangka menunjang peningkatan kesehatan gigi dan mulut masyarakat dalam tingkat global. Selain itu peringatan ini merupakan kesempatan untuk melakukan kegiatan dan inisiatif khusus yang berkaitan dengan kesehatan gigi dan mulut, serta juga pengaruhnya terhadap kesehatan umun maupun kehidupan sosial.

Diharapkan melalui peringatan Hari Kesehatan Gigi dan Mulut se-Dunia dapat meningkatkan semangat, kepedulian, komitmen dan gerakan nyata kesehatan, terutama kesehatan gigi dan mulut yang harus terus ditingkatkan seiring dengan berkembangnya dunia.

Di Indonesia sendiri, tepatnya 20 – 27 Maret 2013, keluarga besar Persatuan Senat Mahasiswa Kedokteran Gigi Indonesia (PSMKGI) secara serentak memperingati Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Dunia 2013 dengan tema "Together for a better oral health" sebagai hari yang sangat bermakna dalam peringatan dan pemberian wawasan kepada masyarakat Indonesia.

Kegiatan WOHD ini difokuskan untuk lebih menyebarkan informasi tentang adanya perubahan peringatan hari gigi dan mulut sedunia. Pada kesempatan itu juga, kegiatan WOHD diutamakan untuk terjun langsung ke masyarakat. Hal ini agar masyarakat lebih terkena dampak manfaat akan keberadaan PSMKGI melalui perayaan WOHD ini.

Beberapa bentuk kegiatannya adalah penyuluhan dan pengobatan gigi dan mulut, konsultasi kesehatan gigi dan mulut, longmarch, sosialisasi melalui media sosial dan media cetak, donor darah, dan pembagian tanda mata tentang perayaan hari kesehatan gigi dan mulut dunia.

Sebagai satu-satunya ikatan organisasi mahasiswa kedokteran gigi, PSMKGI melalui komisi pengabdian masyarakat (Komisi C), mengajak seluruh universitas yang di dalamnya terdapat program studi kedokteran gigi di Indonesia untuk merayakan hari ini.

Selaku penanggung jawab program ini adalah Yunisa Vania Rimasari dari Universitas Airlangga Komisi C PSMKGI, yang juga didukung langsung oleh seluruh anggota Komisi C PSMKGI. Sedangkan universitas yang tergabung dalam peringatan WOHD ini di antaranya UNSRI, UNPAD, UNSIYAH, UNISULA, UNSOED, UNEJ, Univ. Trisakti, UNBRAW, UNAIR, UHT, UGM, UI, Univ. Prof Dr Moestopo (Beragama), UNMAS, UNAND, UNBRAH, UNJANI, UMS, dan UKM.

Dr Orlando Monteiro da Silva selaku presiden FDI mengatakan "Hari Kesehatan Dunia Oral 2013 memberikan kesempatan bagi perawatan mulut praktisi dokter gigi, terapis gigi, Hiegenis, teknisi, perawat, dan mahasiswa untuk meningkatkan kesadaran dan mendorong individu, keluarga, masyarakat dan pemerintah untuk mengambil langkah-langkah untuk menurunkan kejadian penyakit
mulut".

Berikut pawai kegiatan Mahasiswa Kedokteran Gigi se-Indonesia yang dilakuka pada 20-27 Maret 2013:

1. Universitas Trisakti, Universitas Indonesia, dan Universita Prof Dr Moestopo (Beragama)-Jakarta, Longmarch (bundaran HI hingga monas Jakarta).





2. Universitas Gajah Mada – Yogyakarta, Penyuluhan dan Pemeriksaan Gigi dan Mulut.






3. Universitas Airlangga – Surabaya, Sosialisasi WOHD Car Free Day Surabaya.








4. Universitas Baiturahmah dan Universitas Andalas-Padang (Sumatra Barat), Longmarch (Jalan Perintis Kemerdekaan-Abdul Muis-Jalan Sudirman-Jalan Rasuna Said-Jalan Raden Saleh-Gor.H.Agus Salim).




"Together for a better oral health!" (Tommy Frahdian/Mar).

Tommy Frahdian, Koordinator Komisi C (Pengabdian Masyarakat) PSMKGI adalah pewarta warga.

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atau opini anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke citizen6@liputan6.com

Comments 0
Sign in to post a comment
Terpopuler