Sukses

Halte Monorel Bekasi-Jakarta Bakal Dibangun di Kalimalang

Kementerian Perhubungan akan membangun sejumlah halte monorel Bekasi-Jakarta di sepanjang Jalan KH Noer Alie Kalimalang.

Kementerian Perhubungan akan membangun sejumlah halte monorel Bekasi-Jakarta di sepanjang Jalan KH Noer Alie Kalimalang, Kota Bekasi, Jawa Barat.

"Pembangunan halte ini akan dimulai pada 2014," kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Bekasi Supandi Budiman di Bekasi, Selasa (7/5/2013).

Dijelaskan dia, Pemkot Bekasi hingga saat ini terus berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta terkait rencana tersebut.

"Koordinasi terus kami lakukan, terutama soal kajian mengenai lokasi dan jumlah halte monorel," beber Supandi.

Anggaran untuk proyek monorel tersebut, sambung dia, semuanya berasal dari Pemerintah Pusat. Namun Pemkot Bekasi tetap mengalokasikan anggaran melalui APBD untuk kebutuhan infrastruktur pendukung di wilayah setempat.

"Misalnya, pembebasan lahan, fisik halte, dan lainnya," tutur Supandi.

Diproyeksikan, jalur monorel ini sejajar dengan jalur Tol Becakayu (Bekasi, Cawang, Kampungmelayu). "Jalur monorel dimulai Bulak Kapal Bekasi Timur hingga Cawang," ujarnya.

Proyek monorel ini telah diluncurkan Menteri BUMN Dahlan Iskan di Madiun, Senin 6 Mei kemarin. Proyek yang diberi nama 'Jakarta Link Transportation' (JLT) itu digarap 5 konsorsium BUMN di antaranya, PT Adhi Karya Tbk, PT Inka, PT LEN, PT Jasa Marga dan PT Telkom. (Ant/Riz)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.