Sukses

492 Bacaleg Tak Lolos, PKS: Yang Kurang Form BB8 & BB9

PKS mengklaim, seluruh bacalegnya itu telah memenuhi syarat pendaftaran yang dibutuhkan KPU.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyatakan seluruh bakal calon Partai Keadilan Sejahtera (PKS) tidak lolos verifikasi. 492 Bakal calon anggota legislatif itu terancam tak dapat mengikuti Pemilu 2014.

PKS mengklaim, seluruh bacalegnya itu telah memenuhi syarat pendaftaran yang dibutuhkan KPU. Namun demikian, ada syarat formulir BB 8 dan BB 9 yang baru disampaikan KPU ke parpol setelah PKS menyerahkan Daftar Calon Sementara (DCS) pada 16 April 2013.

"Tidak sedramatis judul berita yang menyatakan seluruh caleg PKS tidak memenuhi syarat, ini cuma soal tafsir atas Peraturan KPU saja," ujar Tim Verifikasi Caleg PKS, Dono Pratomo, dalam keterangan yang diterima Liputan6.com di Jakarta, Selasa (7/5/2013).

Dono menegaskan, seluruh caleg PKS telah memenuhi berkas-berkas yang dibutuhkan. Terkait penafsiran bahwa form BB 8 dan BB 9 yang sebelumnya tidak disampaikan sebagai kewajiban hingga PKS mendaftarkan calegnya, Dono menyatakan, PKS dapat segera memenuhinya.

"PKS menganggap form BB 8 dan BB 9 itu tidak wajib disertakan, sementara menurut KPU itu wajib untuk disertakan, dan itu baru ditegaskan setelah PKS serahkan DCS," ujarnya. Oleh karena itu, menurut Dono, form tersebut akan segera dilampirkan.

PKS cukup gembira bahwa seluruh caleg PKS tidak bermasalah dari aspek legalitas ijazah, kesehatan, catatan kriminal, caleg ganda dan juga persentase perempuan beserta aturan urut zipper bagi caleg perempuan. "Untuk hal-hal mendasar, PKS lolos dengan sempurna," ujarnya lagi.

Untuk itu, ia menyatakan, caleg-caleg PKS sudah siap turun ke lapangan seraya mengikuti pelatihan-pelatihan yang diselenggarakan partai untuk para caleg.

"PKS menunjukkan keseriusan dengan  menyeleksi calon sejak tahun lalu hingga bisa menjadi pendaftar pertama dalam soal caleg, maka kini saatnya mereka benar-benar terjun untuk meyakinkan rakyat bahwa mereka layak menjadi wakil rakyat," pungkas Dono yang juga menjadi caleg dari daerah pemilihan Jawa Timur III ini. (Ary)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini