Sukses

PDIP Tambal Sulam Bacalegnya Sebelum 22 Mei

PDIP memastikan segera melakukan tambal sulam daftar bakal calon legislatornya (bacaleg) yang telah diverifikasi KPU.

PDI Perjuangan memastikan segera melakukan tambal sulam daftar bakal calon legislatornya (bacaleg) yang telah diverifikasi Komisi Pemilihan Umum (KPU). PDI Perjuangan juga menyatakan bahwa tambal sulam daftar bacalegnya dilaksanakan sebelum 22 Mei 2013.

"Pasti PDI Perjuangan akan melakukan beberapa perbaikan DCS. Karena sampai tanggal 22 Mei, masih hak penuh partai politik dalam menyempurnakan susunan caleg (calon legislator), sebagaimana ketentuan KPU," ujar Sekretaris Jendral PDI Perjuangan, Tjahjo Kumolo dalam pesan singkatnya di Jakarta, Selasa (7/5/2013).

Tjahjo senada dengan KPU, bahwa bacaleg dari PDI Perjuangan masih terdapat beberapa kekurangan, bahkan ada yang ganda. Sehingga, menurut Tjahjo, PDI Perjuangan akan segera melakukan tambal sulam bacalegnya.

"Ada beberapa yang ditukar dapilnya (daerah pemilihan)," kata Tjahjo.

Menurutnya, pertukaran dapil masih sangat mungkin dilakukan PDI Perjuangan, sepanjang kuota dapil masih memungkinkan. "Mengisi kembali dari caleg yang mundur," ucapnya.

Hal itu dilontarkan PDI Perjuangan, setelah KPU meminta partai politik peserta Pemilu 2014 segera melengkapi dokumen pendaftaran yang tak lengkap. "Untuk yang masih belum lengkap, silakan partai politik melengkapi," ujar Ketua KPU, Husni Kamil Malik.

Setelah mengumumkan hasil verifikasi berkas itu, menurut Husni, partai politik diberi kesempatan memperbaiki mulai 9-22 Mei 2013. Pada masa perbaikan, lanjut Husni, partai diperbolehkan merombak susunan daftar calon.

Dalam hasil verikasi itu, KPU menyatakan ada 4.701 dari 6.577 bacaleg yang mendaftar tak memenuhi syarat. PDI Perjuangan menjadi salah satu partai politik yang masih bolong disana-sini dalam daftar bacalegnya. (Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini