Sukses

Suap Impor Daging, KPK Periksa Adik Presiden PKS Anis Matta

Sadli Matta diperiksa sebagai saksi kasus pencucian uang dengan tersangka Ahmad Fathanah.

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali memeriksa sejumlah saksi terkait dugaan tindak pidana pencucian uang suap impor daging sapi di Kementerian Pertanian. Salah satu saksi yang diperiksa kali ini adalah Saldi Matta, adik Presiden Partai Keadilan Sejahtera Anis Matta.

"Yang bersangkutan akan diperiksa sebagai saksi," ujar Kepala Pemberitaan dan Informasi KPK Priharsa Nugraha di Jakarta, Selasa (7/5/2013).

Priharsa menambahkan, Saldi akan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Ahmad Fathanah. Selain Saldi, KPK juga dijadwalkan memeriksa 2 orang saksi dari pihak swasta lainnya, Andi Aminuddin Abduh dan Hendry Soetio.

Dalam kasus suap impor daging ini, Fathanah diduga berperan sebagai kurir uang suap Rp 1 miliar. Selain Fathanah, KPK telah menetapkan mantan Presiden PKS Luthfi Hasan sebagai tersangka. Keduanya dijerat pasal tindak pencucian uang.

Sementara, 3 orang lainnya, Direktur PT Indoguna Utama Juard Effendi dan Arya Abdi Effendi serta Direktur Utama PT Indoguna Utama Maria Elizabeth Liman, juga telah ditetapkan sebagai tersangka.

Uang dari Ahmad Fathanah diduga mengalir ke sejumlah pihak, antara lain artis dan model majalah dewasa. Sebelumnya, artis Ayu Azhari mengembalikan sejumlah uang yang diperoleh dari Fathanah ke KPK. Sementara, KPK juga telah menyita mobil Honda Jazz dan jam tangan mewah milik model Vitalia Sheshya. (Eks)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.