by

Satgas Kizi TNI di Haiti Bangun Fasilitas Klinik Kesehatan

  • Citizen6
  • 0
  • 07 Mei 2013 10:20

Citizen6, Haiti: Kebutuhan akan pelayanan kesehatan merupakan kebutuhan dasar setiap personil Satgas Kizi TNI Konga XXXII-B/MINUSTAH (Mission des Nations Unies pour la Stabilisation en Haiti) dalam melaksanakan tugasnya sebagai bagian dari pasukan penjaga perdamaian PBB.

Untuk memenuhi kebutuhan akan pelayanan kesehatan tersebut maka perlu adanya penyediaan alat peralatan serta fasilitas kesehatan yang cukup memadai. Salah satunya adalah dengan penyediaan bangunan klinik baru yang cukup representatif guna meningkatkan pelayanan kesehatan kepada seluruh personil Satgas Kizi TNI.


Bangunan klinik yang baru ini menggantikan bangunan yang lama, yang dirasakan sudah tidak cukup memadai lagi untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada personil Satgas Kizi TNI. Untuk selanjutnya bangunan klinik yang  lama akan dialihfungsikan menjadi ruang tamu dan ruang sound system. Sedangkan bangunan yang baru akan dibangun dengan konstruksi 2 lantai dan memiliki 4 ruangan yang cukup lebar akan difungsikan menjadi ruang pelayanan pasien rawat inap, ruang UGD, ruang laboratorium kesehatan, kamar mandi dan toilet, serta ruang dokter dan ruang tindakan.


Pembangunan klinik merupakan salah satu bagian dari kegiatan pembangunan Rumah Prefabrikasi (prefabs) guna menunjang kelengkapan sarana akomodasi bagi Satgas Kizi TNI. Total keseluruhan kegiatan pembangunan prefabs bagi sarana akomodasi akan dibagi dalam 4 tahap, sedangkan untuk pembangunan klinik akan memakan waktu selama 3 minggu.

 
Lettu (K) dr Fransiscus Seta selaku dokter Satgas Kizi TNI mengatakan, dengan adanya bangunan klinik yang lengkap dengan fasilitasnya maka pelayanan kesehatan bagi seluruh personil Satgas maupun personil MINUSTAH dapat ditingkatkan.


"Meningkatnya pelayanan kesehatan akan berbanding lurus dengan pencapaian keberhasilan tugas, karena keberhasilan pencapaian tugas didukung oleh terpeliharanya kondisi kesehatan seluruh personil Satgas Kizi TNI," ujarnya. (Badarudin Bakri/Mar)

Badarudin Bakri adalah pewarta warga.

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atau opini anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke citizen6@liputan6.com

Comments
Sign in to post a comment