Sukses

SBY Akan Terima Penghargaan World Statesman Award 2013

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono akan dianugerahi 'World Statesman Award' atau penghargaan negarawan dunia 2013.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono akan dianugerahi 'World Statesman Award' atau penghargaan negarawan dunia 2013. Penghargaan itu akan diberikan oleh organisasi yang mempromosikan perdamaian, demokrasi, toleransi, dan dialog antarkepercayaan yang berbasis di New York, Amerika Serikat, Appeal of Conscience Foundation (ACF).

Laman Appeal of Conscience Foundation, Senin (6/5/2013) melansir, organisasi itu mulai menganugerahkan penghargaan tahunan sejak 1997. Beberapa pimpinan negara mendapatkan penghargaan ini, di antaranya PM Inggris Gordon Brown pada (2009), Presiden Perancis Nicolas Zarkozy (2008), dan Perdana Menteri Kanada Stephen Harper (2012).

Rencananya, penghargaan itu akan diserahkan di sela-sela kunjungan kerja SBY ke New York, AS, pada akhir Mei ini. Kunjungan itu dalam rangka penyerahan hasil panel tingkat tinggi program pembangunan pasca MDG's 2015 di Markas PBB.

Staf Khusus Presiden bidang Hubungan Internasional Teuku Faizasyah mengatakan, SBY layak mendapatkan penghargaan itu meskipun mendapatkan sejumlah kritikan dari para aktivis pegiat kebebasan beragama di dalam negeri.

"Adanya kasus intoleransi tidak seharusnya menutup mata para komentator tersebut atas berbagai kemajuan dalam membangun nilai-nilai ke-Indonesian di bawah Presiden SBY. Kerukunan beragama, penghormatan serta kebanggaan masyarakat atas keragaman dan keunikan budaya Indonesia adalah bagian dari nilai-nilai dimaksud," jelas Faiz.

Faiz menambahkan, dalam tataran internasional SBY juga aktif memajukan dialog antarkepercayaan dan agama. Bahkan membidani lahirnya dialog global antarmedia guna membangun pemahaman dan toleransi atas keragaman budaya dan anutan kepercayaan paska insiden kartun yang melecehkan Nabi Muhammad.(Ant/Ali)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini