Sukses

VIDEO: Demo di Bangladesh Rusuh, 28 Tewas

Demonstrasi yang dilakukan kelompok Hifazat Al Islam untuk menuntut sanksi hukum lebih keras terhadap kasus penistaan agama berubah kerusuhan.

Sejumlah peristiwa dari penjuru dunia dirangkum dalam Jendela Dunia Liputan 6 SCTV. Mulai musibah kereta di Belgia, aksi demonstrasi berdarah di bangladesh, hinga pilihan raya negeri jiran Malaysia.

Liputan 6 SCTV, Senin (5/5/2013) menayangkan sebuah kereta api pengangkut bahan kimia tergelincir ke luar rel dan terbakar di Sel Bele, Belgia. Akibat insiden ini, 2 warga tewas dan 14 lainnya cedera. Sementara, sekitar 300 warga yang tinggal di sekitar lokasi kecelakaan harus diungsikan.

Di Bangladesh, terjadi demonstrasi yang dilakukan kelompok Hifazat Al Islam. Kelompok ini menuntut sanksi hukum lebih keras terhadap kasus penistaan agama. Namun, demonstrasi yang berlangsung di Dhaka itu berubah anarkis.

Massa tiba-tiba menjadi brutal dan tidak terkendali. Mereka melempar batu, membakar mobil dan sejumlah bangunan. Karena rusuh, jatuhlah korban jiwa. Sedikitnya 28 warga tewas dalam bentrokan ini.

Sementara, dari Malaysia, Barisan Nasional dipastikan kembali berkluasa hingga 5 tahun mendatang. Koalisi yang dipimpin Perdana Menteri Najib Razak itu berhasil memperoleh 133 kursi parlemen dalam pemilihan raya malaysia. Sementara kelompok oposisi Pakatan Rakyat hanya dapat meraih 89 kursi.

Dari Meksiko, ratusan warga Peñon de Los Baños merayakan Festival Cinco de Mayo. Perayaan ini untuk memperingati kemenangan pasukan Meksiko atas pasukan Prancis dalam Pertempuran Puebla tahun 1952. (Eks)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.