Sukses

KPU: Terpidana, Susno Tidak Penuhi Syarat Caleg

Susno dinyatakan tidak memenuhi syarat sebagai caleg karena berstatus terpidana dan belum selesai jalani hukuman.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyatakan Susno Duadji yang menjadi bakal calon legislator dari Partai Bulan Bintang (PBB) tidak memenuhi persyaratan. Sebab, mantan Kepala Badan Reserse Kriminal Polri itu berstatus terpidana dan belum selesai menjalani hukumannya.

"Susno Duadji tidak memenuhi persyaratan karena dia itu terpidana dan belum selesai menjalani pidananya," kata Komisioner KPU Arief Budiman di Jakarta, Senin (6/5/2013).

Menurut Arief, Susno juga terbentur aturan yang mengatur pencalonan untuk mantan narapidana. Sesuai aturan, mantan narapidana baru boleh mencalonkan diri sebagai legislator apabila sudah mejalani masa hukumannya dan harus berjarak 5 tahun sebelum waktu pendaftaran. "Nah ini selesai saja belum, ya tidak terpenuhi dan itu jelas," turtur dia.

Tidak hanya Susno, KPU juga menyatakan sejumlah calon yang diajukan oleh partai politik tidak memenuhi persyaratan. KPU akan memberikan surat kepada partai politik terkait nama-nama bakal calegnya yang tidak memenuhi persyaratan verifikasi.

Setelah itu, partai politik diberikan kesempatan untuk merapikan, mengganti, dan menyempurnakan persyaratan tersebut mulai tanggal 9 hingga 22 Mei mendatang.

"Belum dicoret, jadi nanti kami laporkan ke partai bahwa Pak Susno belum memenuhi syarat karena belum selesai memenuhi pidana dan belum ada surat bebas dari lapasnya. Jadi dia belum memenuhi syarat," ujarnya.

KPU akan mencoret calon yang dinyatakan tidak memenuhi persyaratan apabila tetap didaftarkan oleh partai politik. KPU juga akan mencoret bakal caleg yang tetap tidak melengkapi berkas persyaratan. "Karena sudah dikasih tahu tidak memenuhi syarat, tetapi masih dicantumkan, ya kami coret. Jadi begitu tahapannya," kata Arief. (Eks)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.