Sukses

Uang Suap Fathanah Mengalir ke Artis Hingga Model Seksi

KPK sudah memeriksa 3 perempuan cantik yang terkait dengan Fathanah. Sebut saja Maharani Suciyono, Septi Sanustika, dan artis Ayu Azhari.

Ahmad Fathanah kini menjadi bahan pembicaraan. Namanya pertama kali terkuak saat dia tertangkap tangan KPK saat sedang bersama dengan seorang mahasiswi. Saat itu pula, Fathanah diketahui sedang membawa uang suap sebesar Rp 1 miliar yang diduga akan diberikan kepada mantan Presiden PKS, Luthfi Hasan Ishaaq.

KPK pun menetapkan Fathanah sebagai tersangka karena diduga terlibat dalam kasus impor daging sapi. Tak hanya itu, Fathanah juga dijerat dengan tindak pidana pencucian uang.

Terkait kasus terakhir, KPK sudah menyita sejumlah aset milik Fathanah. 5 Mobil sudah disita KPK yakni Toyota Prado hitam dengan nomor polisi B 1739 WFN, Toyota Alphard Putih dengan nomor polisi B 53 FTI, Toyota FJ Cruiser hitam dengan nomor polisi B 1330 SZZ, dan Mercedes Benz tipe C 200 hitam bernopol B 8749 BS, serta Honda Jazz warna putih.

Tak hanya itu, KPK juga sudah memeriksa 3 perempuan cantik yang terkait dengan Fathanah. Sebut saja Maharani Suciyono, Septi Sanustika, dan Ayu Azhari. Satu perempuan cantik lainnya kini menjadi incaran KPK.


1. Maharani Suciyono

Maharani ditangkap saat sedang bersama dengan Fathanah di Hotel Le Meridien, Jakarta. Maharani mengaku sempat diberi Rp 10 juta oleh Fathanah. Belakangan, uang Rp 10 juta itu diketahui diambil Fathanah dari uang suap Rp 1 miliar yang diberikan perusahaan impor daging untuk Luthfi.

Mahasiswi sebuah universitas swasta di Jakarta Selatan itu mengaku bertemu Fathanah pertama kali di Mal Senayan City pada (28/1). Saat itu, Fathanah mengirimkan secarik kertas kepada Maharani dan mengajaknya makan malam.

Undangan Fathanah itu kemudian disambut Maharani. Pada Selasa (29/1), keduanya bertemu di kafe Hotel Le Meridien. Perbincangan ringan terjadi. AF mengaku kepada Rani sebagai Ahmad Fathanah, seorang pengusaha. "Kami sama sekali tidak membahas masalah-masalah politik atau suap menyuap," ujar Rani. Tak ada pula pembicaraan mengenai AF yang ingin "menyewa" Rani atau menyiapkannya sebagai gratifikasi seksual.

Usai mengobrol, keduanya memutuskan untuk pulang. Namun, sebelum meningglakna lokasi, AF tiba-tiba memberikan uang sebesar Rp 10 juta kepada Rani. "Saya kaget dan tidak menyangka diberi uang sebesar itu dari lelaki yang baru pertama dikenal," jelasnya.

Saking bingungnya, Rani sampai bertanya kepada AF tentang keaslian dari uang tersebut. AF pun meyakinkan Rani bahwa uang yang diberikannya asli. Sayang, belum lagi keluar dari kafe itu, penyidik KPK datang menahan keduanya. Sejak itu, Rani diinapkan di Gedung KPK untuk diperiksa. Rani kini telah mengembalikan uang itu ke KPK.


2. Ayu Azhari

KPK sudah 2 kali memeriksa artis lawas itu. Diketahui, Ayu menerima Rp 20 juta dan US 1.800 dari Fathanah. Uang itu kini sudah dikembalikan ke KPK>

Kuasa Hukum Ayu, Fahmi Bachmid, mengakui kliennya menerima uang itu dari Ahmad Fathanah. Menurutnya, uang itu adalah komitmen dari orang dekat Luthfi Hasan Ishaaq itu untuk melibatkan Ayu dalam kegiatan kampanye PKS.

"Ada komitmen, Fathanah mengklaim Ayu akan dilibatkan dalam kampanye pilkada yang tak tahu pilkada apa. Jadi itu bukan pemberian cuma-cuma," kata Fahmi saat berbincang dengan Liputan6.com, Sabtu (4/3/2013).

Menurut Fahmi kliennya bertemu dengan Fathanah sebanyak 3 kali di tempat berbeda. Yakni di Plaza Indonesia, Pacific Place dan Pasar Festival. Setiap pertemuan, Ayu selalu diberikan uang fee itu.

"Pertama sebesar US$ 800, kemudian US 1.000, dan ada Rp 10 juta. Pemberian ada yang transfer dan ada yang cash, yang Rp 10 juta itu transfer," jelasnya.

Selain itu Rp 10 juta juga diberikan Fathanah melalui rekening anak Ayu, Axel Gondokusumo. Fathanah berjanji akan mengorbitkan Axel di dunia hiburan. "Ayu kan juga sebagai manajer anaknya yang kebetulan bermain musik," ujarnya.

Fahmi menegaskan, dia sudah meminta kepada Ayu untuk mengembalikan seluruh uang yang pernah diterima dari Fathanah. "Senin besok, Ayu akan kembali datang ke KPK untuk memberikan rekening koran Bank Mandiri, biar KPK teliti seluruh penerimaan dan pengeluaran Ayu," ujarnya.


3. Septi Sanustika

KPK juga sudah memeriksa seorang perempuan cantik bernama Septi Sanustika. Septi diketahui adalah istri dari Fathanah.

Namun, Septi mengaku tak pernah menikmati aset yang berkaitan dengan kasus suaminya. "Tidak ada, tidak ada aset. Hartanya cuma anaknya. Anaknya doang yang dititipin," kata Septi usai diperiksa KPK, Rabu (1/5/2013).

Septi yang merupakan 1 dari 4 istri Ahmad Fathanah ini pun enggan berkomentar lebih banyak mengenai keterlibatan suaminya pada kasus suap senilai Rp 1 miliar. "Sudah ya, tidak ada apa-apa. Apaan sih ini? Sudah kaya artis saja. Tanya penyidik saja," ujar Septi.


4. Vita

Nama Vita ini diketahui saat KPK menyita mobil Honda Jazz milik Fathanah. Juru Bicara KPK, Johan Budi SP, menjelaskan, mobil Honda Jazz yang diduga milik Ahmad Fathanah disita dari seseorang bernama Novita. Namun, Johan tak merinci identitas wanita itu.

Belum diketahui apakah Vita yang dimaksud itu adalah seorang model seksi dari sebuah majalah dewasa. (Ary)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini