by Rizki Gunawan

Diserang Roket, Suriah: Ini Deklarasi Perang Israel!

  • Politik
  • 0
  • 06 Mei 2013 10:53

Pusat penelitian militer Jamraya di Damaskus, Suriah, hancur berkeping-keping dihantam sebuah roket yang disusul ledakan. Pemerintah Suriah geram terhadap pihak yang menyerangnya.

Wakil Menteri Luar Negeri Suriah Faisal al Mekdad menuding yang menjadi biang keladi serangan roket tersebut adalah aliansi teroris dan Israel. Menurutnya, serangan ini adalah deklarasi perang dari Israel.

"Saat mereka menyerang seperti ini. Jelas, ini adalah deklarasi perang!" kata Faisal dalam wawancara eksklusif dengan CNN yang dimuat pada Senin (6/5/2013).

Dijelaskan dia, serangan dari Israel ini bukanlah yang terbaru. Sebelumnya Israel juga pernah menyerang negaranya. Dan ini merupakan yang kali ketiga, Israel menyerang Suriah pada tahun ini, 2013.

"Ini bukahlah hal baru," ungkap Faisal.

Dia pun menegaskan, Suriah akan membalas dan membuat Israel menderita. "Kami akan membalasnya dan membuat Israel menderita lagi," beber Faisal.

Meski demikian, hingga saat ini, pihak Israel tak mau berkomentar atas serangan tersebut. "Kami tidak mau berkomentar soal laporan itu," kata pejabat Israel.

Televisi Suriah tidak menyebut adanya korban jiwa akibat serangan tersebut. Sumber intelijen Barat menyebut target serangan itu adalah rudal kendali yang diyakini tengah dibawa menuju Lebanon untuk kelompok Hisbullah.

Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon menyatakan prihatin atas serangan roket itu. PBB akan menelusuri kebenaran pihak mana yang melancarkan serangan dan apa yang terjadi sebenarnya.

"PBB akan mencari tahu sendiri kebenarannya," ucap Ban Ki-moon. (Riz)

Comments
Sign in to post a comment