Sukses

RS Islam Klaten Kini Punya Unit Khusus Stroke

Stroke yang tidak segera ditangai dengan tepat bisa menyebabkan kematian. Jika penderita segera dibawa ke rumah sakit dan terselamatkan, kadang-kadang penderita mengalami kelumpuhan di anggota badannya atau hilangnya sebagian ingatan atau kemampuan bicaranya.

Citizen6, Klaten: Stroke yang tidak segera ditangani dengan tepat bisa menyebabkan kematian. Jika penderita segera dibawa ke rumah sakit dan terselamatkan,  kadang-kadang penderita mengalami kelumpuhan pada anggota badannya atau hilangnya sebagian ingatan atau kemampuan bicaranya.

Untuk mencegah  hal fatal tersebut, Rumah Sakit Islam Klaten membuat unit khusus stroke dan meresmikannya pada Selasa (30/04/2013). Peresmian dilakukan di Gedung Al Mabrur Kompleks Rumah Sakit.

“Penderita stroke makin tahun makin meningkat. Pada 2010 terdapat 424 penderita yang dirawat di rumah sakit ini. Sementara pada 2011 berjumlah 426 orang. Tahun 2012 meningkat menjadi 566 orang,” terang Agus Susanto, Sekretaris Humas & Pemasaran RS. Islam Klaten.

Dengan adanya unit khusus stroke tersebut bertujuan untuk memulihkan pemulihan fungsional penderita stroke sehingga akan menurunkan derajat kecacatan akibat stroke, membantu adaptasi keluarga penderita stroke, menurunkan mortalitas stroke.

Tim yang menangani unit Stroke terdiri dari tim inti dan tim konsultasi. Tim inti terdiri dari dokter spesialis saraf, perawat stroke, fisioterapist, ahli gizi dan psikolog. Sementara tim konsultasi terdiri dari penyakit dalam, kardiolog, pulmunolog, ahli Bedah Syaraf, dokter anestesi, rehabilitasi Medik, psikiater dll

Peresmian dilakukan oleh Ketua Yayasan Jamaah Haji Klaten, Drs. H. Soebiyanto didampingi oleh Jajaran Pengurus Yayasan serta Direksi dan Manajer RS. Islam Klaten di Unit Stroke RS. Islam Klaten yang lokasinya bersebelahan dengan ICU RS. Islam Klaten. (Agus Susanto/ KW)

*Agus Susanto, Sekretaris Humas & Pemasaran RS. Islam Klaten adalah pewarta warga

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atau opini anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke citizen6@liputan6.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.