Sukses

VIDEO: Asyik! Mendulang Rupiah Dari Kerajinan Unik Koran Bekas

Di tangan Brianne Novianti, tumpukan koran disulap menjadi kerajinan tangan yang mendatangkan rupiah.

Apa yang anda lakukan jika melihat tumpukan koran-koran bekas yang sudah anda baca? Mungkin yang terpikir di benak adalah meloakkannya ke tukang barang bekas, atau membiarkannya begitu saja di sudut ruangan. Tapi hal itu tidak berlaku bagi Brianne Novianti.

Seperti ditayangkan Liputan 6 SCTV, Senin (6/5/2013), tangan perempuan muda tersebut sangat terampil mengolah tumpukan koran yang hanya dianggap sampah itu. Ia pun menyulapnya menjadi kerajinan tangan. Menarik bukan?

Brianne sengaja memanfaatkan koran-koran bekas sebagai bahan baku kreatifitasnya. Dari hasil olah tangannya itu, Brianne menyulap koran-koran bekas menjadi sandal, tas, kotak tissue hingga miniatur yang unik.

Bahkan, kini perempuan asal Yogyakarta itu mendulang rupiah dari hasil kerajinan tangannya yang sudah di jual hingga ke luar negeri.

Dia begitu jeli melihat peluang usaha kerajinan tangan tersebut sejak 2011 silam. Kemudian, Brianne membuka usaha kerajinan tangannya itu dengan nama Dluwang Art atau yang artinya seni kertas bekas.

Kerajinan tangan Brianne ini sejatinya terbilang mudah, hanya mengandalkan kreatifitas dan ketelitian agar mencapai hasil yang maksimal. Brianne pertama-tama meliitkan sebatah lidi pada setiap lembar koran dengan rapih. Jika jumlahnya sudah sesuai yang dibutuhkan, maka selanjutnya ditata dan dijahit menjadi layaknya lembaran. Untuk kemudian dibentuk menjadi aneka macam kerajinan yang diinginkan.

Untuk memasarkan hasil industri rumahannya itu, Brianne telah bekerjasama dengan Dinas Pemerintah di Yogyakarta dan mengikutsertakannya ke dalam beragam kesempatan. Setiap bulannya Brianne mendapat pesanan secara rutin dari sejumlah agen yang berada di Kudus, Semarang, Bandung, Palembang hingga dari luar negeri.

Brianne mematok harga yang bervariasi untuk setiap kerajinan tangannya, mulai dari Rp 9 ribu sampai ratusan ribu rupiah. Tergantung bentuk dan tingkat kesulitannya.

Kerajinan tangan Brianne yang paling banyak digemari adalah sandal. Selain unik, sandal ini terbilang ringan dan enak dipakai di dalam maupun di luar ruangan. Harganya? Tentunya cukup terjangkau, yaitu Rp 15 ribu untuk setiap pasang sandal.

Kini setiap bulannya Brianne meraih omset penjualan hingga belasan juta rupiah. Anda tertarik mengikuti jejak Brianne? (Osc/Tnt)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini