VIDEO: Kericuhan Warnai Perayaan HUT Kabupaten Maibrat Papua

  • Peristiwa
  • 0
  • 06 Mei 2013 04:43

papua-demo-130506a.jpg

Kericuhan mewarnai perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Maibrat, Papua Barat. Ratusan orang melakukan aksi unjuk rasa saat upacara Hut Kabupaten Maibrat, Minggu 5 Mei 2013 digelar. Bahkan para pendemo merangsek masuk ke dalam lapangan Ayamaru, tempat upacara HUT dilangsungkan.

Pantauan Liputan 6 SCTV, Senin (6/5/2013), dalam aksinya mereka menuntut Utusan Menteri Dalam Negeri yang hadir dalam upacara tersebut agar segera menyutujui rencana pemindahan Ibukota Kabupaten Maibrat dari Distrik Kumurkek ke Distrik Ayamaru seperti yang sudah direncanakan Bupati Maibrat, Bernard Sagrim.

Tak hanya itu, mereka juga menuntut agar pihak kepolisian segera mengusut tuntas kasus hukum yang terjadi di Kabupaten Maibrat. Mengingat sejak proses Pemilukada hingga Pelantikan Bupati Maibrat telah memakan korban jiwa dan harta benda.

Kabupaten Maibrat adalah salah satu kabupaten hasil pemekaran dari Kabupaten Sorong Selatan di Provinsi Papua Barat. Sejak dimekarkan 4 tahun lalu, hingga kini proses pembangunannya tak berjalan dengan baik karena adanya polemik dalam ajang Pemilukada setempat, lantaran para kandidat bersaing sengit.

Walau kini kabupaten yang berpenduduk hanya 19 ribu jiwa itu telah memiliki Bupati dan Wakil Bupati defenitif. Namun konflik antar elit politik di daerah tersebut masih kerap terjadi, sehingga memperlambat roda pembangunan di kabupaten yang kaya akan minyak ini. (Osc/Tnt)

 

Terpopuler