Sukses

VIDEO: Hebatnya Aksi Si Manusia-manusia Banteng

Pada tradisi kesanian bantenga,n diisi oleh para petarung yang membungkus aksinya dengan supranatural.

Masyarakat yang lahir dan  tumbuh besar di daerah Mojokerto, Jawa Timur paham betul wilayah mereka adalah wilayah manusia banteng. Di mana tradisi kesanian bantengan diisi oleh para petarung, yang membungkus aksinya dengan supranatural.

Fisik dan mental yang kuat sangat dibutuhkan dalam melakukan pertunjukan seni bantengan.

Sesungguhnya bantengan adalah aksi penyamaran menggunakan pencak silat saat zaman kolonial belanda. Selalin itu, bantengan juga merupakan alternatif menghindari kebosanan terhadap rangkaian jurus.

"Masa-masa untuk pelatihan pencak silat dianggap sebgai pemberontakan atau pertentangan. sehingga dikamufllasekan sebagai kesian bantengan. sehingga tak didefinisikan sebagai sesuatau kekuatan yang nantinya akan memberontak," kata Pelestari Bantengan, Slamet Hartanto, seperti ditayangkan Potret Liputan 6 SCTV, Senin (6/5/2013).

Selain banteng dan harimau, muncul hewan pendamping lain seperti burung, ular, dan monyet.

Dalam pertunjukan seni itu, ada beberapa orang yang kerasukan makhluk goib. Mereka mengaum dan mencakar seperti harimau. Mau tahu bagaimana hebatnya atraksi pertunjukan itu. Saksikan keseruannya pada video berikut:
 
(Tnt)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini