VIDEO: Caleg Artis, Umbar Popularitas Hingga Andalkan Bra

on May 05, 2013 at 18:46 WIB

Berbagai cara dilakukan partai politik untuk bisa mendulang suara pada Pemilu 2014. Salah satunya, partai politik beramai-ramai merekrut artis sebagai calon legislator dalam Pemilu 2014.

Seperti ditayangkan oleh Liputan 6 SCTV, Minggu (5/5/2013), sejumlah partai sengaja menggaet artis untuk mengerek perolehan suara. Seperti Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang mencomot Raja Dangdut Rhoma Irama. Tak hanya itu, PKB juga menggaet anak Rhoma, Ridho Rhoma.

Bagi Rhoma, politik memang bukanlah hal baru. Rhoma pernah berkecimpung di sejumlah partai politik mulai zaman Orde Bari silam. Mantan istri siri Rhoma, Angel Lelga, juga tak mau ketinggalan. Dia akan terjun ke pentas politik dari Partai Persatuan Pembangunan. Bahkan, kini penyanyi dangdut ini berubah menjadi mengenakan jilbab.

Namun, menurut politisi Golkar Nurul Arifin, nama tenar bukan jaminan akan terpilih. Artis yang akan kembali menjadi caleg Partai Golkar ini mengatakan masih membutuhkan berbagai strategi untuk menggaet suara. Dalam kampanye pemilu 2008 lalu, dia membagikan bra pada perempuan.

Sementara, politisi nyentrik yang juga pengacara sekaligus pemain sinetron Ruhut Sitompul mengakui memanfaatkan keartisannya untuk kembali menjadi caleg. Kadang-kadang, politisi Partai Demokrat ini juga tinggal di rumah-rumah penduduk.

Menurut Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) merekrut artis memang bertujuan meningkaatkan perolehan suara. Memasang artis sebagai calon legislator merupakan salah satu cara murah untuk mendongkrak perolehan suara.

Meski demikian, langkah banyak partai politik menggaet artis dalam pemilu dikhawatirkan oleh pakar psikologi politik Universitas Indonesia Hamdi Muluk. Sebab, banyak artis yang direkrut partai politik sebagai caleg sama sekali tidak memiliki latar belakang politik. (Eks)

Credit Eks

Suka artikel ini?

0 Comments